Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Oleh dr. Melyarna Putri pada 03 Jul 2015, 15:11 WIB
Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak. “Vitamin adalah suatu zat yang akan membuat kita jatuh sakit apabila kita tidak mengkonsumsinya”
Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak

KlikDokter.com - Kalimat pendahuluan diatas diutarakan oleh Albert Szent-Gyorgyi, seorang peraih Nobel, penghargaan dunia di bidang fisiologi kedokteran. Vitamin merupakan komponen organik yan didapatkan dalam makanan sehari-hari sebab tubuh tidak dapat meproduksi dalam jumlah yang mencukupi.

Penggunaan suplementasi di seluruh dunia sudah banyak digunakan. Di Tiongkok, sebanyak 32,4% anak mendapatkan suplementasi vitamin. Berbagai informasi beredar bahwa suplementasi multivitamin sebaiknya diberikan kepada anak. Di sisi lain, ada yang mengatakan bahwa pemberian vitamin belum diperlukan untuk anak. Bagaimana faktanya secara medis? Benarkah hal ini?

Vitamin dalam jumlah yang cukup diperlukan tubuh untuk proses fisiologis antara lain melengkapi fungsi kerja hormon dan antioksidan, sebagai pengatur pertumbuhan jaringan, perkembangan janin, dan metabolisme kalsium. Vitamin memiliki peran penting dalam sistem imun. Beberapa vitamin selain berperan penting dalam sistem imun, juga memiliki peran lain seperti antioksidan (vitamin C dan vitamin E).

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 of 3

Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

Vitamin A dan vitamin D memiliki peran yang cukup krusial di dalam sistem imun.  Vitamin D dapat meningkatkan jumlah sel T dan interleukin. Sel T merupakan sel yang berperan dalam sistem imun. Sedangkan interleukin merupakan glikoprotein yang diproduksi oleh sel darah putih yang juga berperan dalam sistem imun. Seperti vitamin D, vitamin A juga memiliki peran penting dalam sistem imun diantaranya meningkatkan respon imunitas usus dan meningkatkan sel T.

Demikiannya pentingnya peran vitamin yang begitu besar. Kita harus khawatir akan kecukupan gizi yang tidak terpenuhi terutama apabila anak sulit makan.  Di Inggris, 50% anak mengonsumsi vitamin A lebih sedikit dari kecukupan gizi yang dianjurkan.

Lalu sebenarnya berapa banyak kebutuhan vitamin harian untuk anak? Tabel berikut menjelaskan kebutuhan vitamin harian pada anak.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

2 of 3

Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

Vitamin

Jumlah yang dianjurkan

A (mikrogram)

800 mikrogram/hari (1-3 tahun)

D (mikrogram)

25 mikrogram/hari (0-2 tahun)

E (miligram)

10 miligram/100 kcal

B3 (niasin)

2 miligram/hari (1-3 tahun)

B6 (piridoksin)

5 miligram/hari (1-3 tahun)

Asam folat

200 mikrogram/hari (1-3 tahun)

C (miligram)

30 miligram/100 kcal

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

 

Sumber :

  1. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2083301/
  2. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2906676/#SD1
  3. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3942734/
Lanjutkan Membaca ↓