Mengenali Jenis Sakit Kepala Akibat Sinusitis

Oleh dr. Yadita Wira Pasra Sp. THTKL pada 19 Agu 2015, 06:00 WIB
Sakit kepala di area kepala dan wajah dapat ditentukan berdasarkan lokasi keluhannya. Berikut penjelasan dr. Yadita Wira Pasra, Sp.THT-KL di sini selengkapnya.
Mengenali Jenis Sakit Kepala Akibat Sinusitis

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com - Penelitian berbasis kompetensi terus dilakukan dan berkembang sehingga keluhan sakit kepala dapat diatasi dengan baik, termasuk sakit kepala yang disebabkan karena penyakit pada hidung dan sinus. 

The International Classification of Headache Disorders membagi sakit kepala dan wajah  menjadi 2 kategori besar, yaitu primer dan sekunder.  Sakit kepala primer termasuk migren, tension type, kelainan saraf trigeminal, dan lainnya. Dimana ditemukan gejala yang hampir mirip. Sakit kepala sekunder disebabkan oleh kelainan sistemik dan  kelainan lain diluar area kepala dan leher.

Tiga belas hingga enam belas persen populasi mengalami penyakit sinusitis kronik. Sakit kepala termasuk salah satu kriteria minor dari sinusitis, berdasarkan kriteria The American Association of Otolaryngologist Head and Neck Surgeons (AAO-HNS), sehingga penatalaksanaan yang tepat serta pemeriksaan sinusitis lain diperlukan.

Selengkapnya pada halaman selanjutnya.

1 of 2

Mengenali Jenis Sakit Kepala Akibat Sinusitis

Afrin Semprot Hidung

Mengenali Jenis Sakit Kepala Akibat Sinusitis
 

Area sakit kepala sebagai penanda area masalah sinus

Sakit pada bagian kepala, wajah, tenggorok dan leher bagian atas merupakan alasan utama seorang pasien datang ke dokter spesialis THT. Di antara pasien yang mengeluhkan migraine, hanya 19% yang mengenali gejalanya dengan baik.

Sedikitnya 28% pasien mengeluhkan sinusitis sebagai biang keladi sakit kepala yang mereka derita, 34% menyebutnya sebagai sakit karena tension (tegangan).

Penyebab kesalahan diagnosis ini disebabkan karena letak dari lokasi nyeri yang ditunjukkan. Pada saat migrain nyeri yang timbul di hidung, sekitar hidung dan mata muncul pada 46% kasus, dan dua pertiganya mengeluhkan adanya mampet pada hidung yang disertai produksi lendir.

Berbagai modalitas akan digunakan untuk menegakkan diagnosis sakit kepala yang terus menerus dan mengganggu. Sakit kepala akibat sinusitis disertai keluhan, pemeriksaan fisik dan penunjang untuk menegakkan diagnosis sinusitis, dan tatalaksana yang diperlukan tidak hanya sekedar dengan obat penghilang nyeri, namun harus diatasi penyebabnya. Sakit kepala yang disbabkan oleh rinosinusitis akut biasanya akan hilang kurang lebih 7 hari sejak di obati. 

Lanjutkan Membaca ↓
Ridawati simamoraRidawati simamora

slamat siang Dokter,sy mau tanya Istri saya Alergi Debu dan sering skali kambuh,kira utk menyembuhkn itu gmn kah Dokter??tks