Apa Saja Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Anak?

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 10 Sep 2015, 05:36 WIB
Untuk mencukupi asupan nutrisi buah hati, orangtua juga wajib memiliki pengetahuan tentang gizi yang dibutuhkan anak.
Apa Saja Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Anak?

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

KlikDokter.com - Menjaga tumbuh kembang anak tidaklah mudah, apalagi pada zaman serba instan ini. Tidak cukup hanya mengandalkan teori yang ada, namun orangtua wajib memiliki pengetahuan tentang nutrisi yang dibutuhkan anak. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kekurangan gizi dapat mempengaruhi perilaku, perkembangan, dan masalah kesehatan, mulai dari alergi, asma, sampai kasus hiperaktif. 

Berikut merupakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk seorang anak:

  1. Vitamin A

Berperan penting untuk mata yang sehat, membantu pertumbuhan tulang, mencegah infeksi, meningkatkan kesehatan, pertumbuhan sel dan jaringan dalam tubuh termasuk rambut, kuku, dan kulit.

  1. Vitamin C

Vitamin C berguna untuk membantu membentuk dan memperbaiki sel-sel darah merah, tulang beserta jaringan tubuh, membantu menjaga kesehatan gusi, memperkuat pembuluh darah, mengurangi dampak luka memar, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah infeksi. Juga membantu tubuh dalam menyerap zat besi dari makanan yang kaya zat besi.

  1. Vitamin D

Vitamin D membantu pertumbuhan tulang serta gigi yang kuat, dengan jalan membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Hal ini sangat penting agar anak dapat mencapai  pertumbuhan maksimal massa tulang.

Berikut vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan anak lainnya, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 of 2

Apa Saja Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Anak?

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

Berikut vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan anak lainnya:

  1. Vitamin E

Vitamin E berguna untuk membatasi radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Hal ini juga penting untuk kekebalan tubuh, perbaikan DNA, dan proses metabolisme tubuh lainnya.

  1. Asam lemak esensial (EFA)

Asam lemak ini berguna untuk membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, memperkuat sistem kardiovaskular, sistem kekebalan tubuh, dan membantu tubuh menyerap nutrisi. EFA sangat dibutuhkan untuk fungsi otak dan penglihatan yang sehat.

  1. Kalsium

Kalsium berguna untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, mempromosikan kesehatan saraf dan fungsi otot, serta  membantu tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi.

  1. Zat besi

Zat besi penting untuk memproduksi hemoglobin (pembawa oksigen dalam darah) serta mioglobin (pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot). Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia, yang dapat menimbulkan kelelahan, kelemahan, dan mudah marah.

  1. Magnesium

Magnesium melaksanakan fungsinya yaitu menjaga tulang yang kuat dan menjaga ritme jantungyang stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta  membantu menjaga fungsi otot dan saraf.

  1. Kalium

Kalium penting untuk mengontrol keseimbangan cairan tubuh bersama natrium, yang akan membantu untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Selain itu, kalium juga membantu fungsi otot dan menjaga ritme jantung.

  1. Seng

Seng sangat dibutuhkan lebih dari 70 enzim untuk membantu pencernaan dan metabolisme tubuh.

Semua nutrisi di atas sangat dibutuhkan oleh anak untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Ada beberapa kondisi di mana nutrisi tersebut tidak bisa terpenuhi, misalnya anak tidak mau sayur, anak tidak mau ikan atau apa pun, maka diperlukan suplemen yang mengandung nutrisi yang telah disebutkan di atas dengan jumlah yang tidak berlebihan karena tubuh tidak bisa menghasilkan sendiri vitamin dan mineral tersebut. Vitamin dan mineral hanya bisa didapatkan dari asupan nutrisi di luar.

Lanjutkan Membaca ↓