Asah Kecerdasan Anak Sejak Dini

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 10 Sep 2015, 05:42 WIB
Kecerdasan anak dapat dimaksimalkan melalui pola asuh yang baik dan tepat.
Asah Kecerdasan Anak Sejak Dini

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

KlikDokter.com - Dalam mengembangkan anak untuk menjadi cerdas dan kreatif, diperlukan persiapan dan perlakuan secara tepat. Karenanya, pola asuh sangat penting untuk dilakukan sejak dini.

Selama tahun-tahun prasekolah, hubungan dengan orangtua atau pengasuhnya merupakan dasar bagi perkembangan emosional dan sosial anak. Dengan cara membimbing yang tepat pada masa-masa tersebut, anak diharapkan menjadi individu yang cerdas, kreatif, dan disiplin.

Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda terapkan untuk mengasah kecerdasan dan kreativitas anak Anda sejak dini:

  • Tanamkan kedisiplinan sedini mungkin

Kedisiplinan yang diajarkan sejak dini akan terus tertanam hingga dewasa. Misalnya, keteraturan waktu tidur, menggosok gigi 2 kali sehari dan merapikan tempat tidur setelah bangun pagi.

  • Berikan waktu tidur yang cukup

Tidur merupakan salah satu rangsang bagi tumbuh kembang otak. Saat tidur diproduksi hormon pertumbuhan untuk memulihkan tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh, membangun otot dan jaringan pendukung.

Berikut kiat untuk mengasah kecerdasan anak lainnya, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 of 2

Asah Kecerdasan Anak Sejak Dini

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

Berikut kiat untuk mengasah kecerdasan anak lainnya:

  • Sering membacakan cerita dan bernyanyi

Selain menyenangkan hati, kegiatan ini juga sangat bermanfaat untuk menambah kosakata anak.

  • Belajar lewat permainan

Contoh permainan yang baik untuk perkembangan otak anak adalah puzzle, teka-teki silang, menggambar, bermain musik, ketapel, dan lain sebagainya.

  • Belajar musik

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan pelatihan musik selama 6 bulan saja bisa memberikan pengaruh pada kemampuan kognitif anak.

  • Nutrisi yang baik

Biasakan anak untuk lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah. Untuk itu, orangtua harus pintar-pintar mencari cara dengan memodifikasi makanan yang akan diberikan.

  • Batasi waktu menonton

Menurut para ahli psikologi anak, waktu menonton selama 2 jam per hari sudah terbilang cukup untuk anak. Selalu sertakan bimbingan dari Anda dalam setiap tontonan.   

  • Olahraga

Olahraga secara teratur akan berdampak baik untuk metabolisme tubuh. Nah, metabolisme yang baik akan berpengaruh pada kecerdasan dan anak pun akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Lanjutkan Membaca ↓