Ini Dia Bahayanya Karang Gigi Jika Dibiarkan!

Bukan sekedar merusak penampilan, tapi bisa mengancam kesehatan jantung! Berikut penjelasan drg. Martha Mozartha selengkapnya di sini.
Ini Dia Bahayanya Karang Gigi Jika Dibiarkan!

Banyak orang yang mengabaikan keberadaan karang gigi (dental calculus) di dalam mulut, karena dianggap sebagai sesuatu yang tidak membahayakan kesehatan tubuh. Padahal, karang gigi merupakan faktor utama terjadinya peradangan jaringan pendukung gigi (jaringan periodontal), yang disebut periodontitis.

Permukaan karang gigi yang kasar dan berpori menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri dalam rongga mulut dan bertindak sebagai wadah yang menampung bagi komponen produk bakteri yang bersifat toksik bagi jaringan lunak mulut.

Baca Juga

Berdasarkan penelitian terdahulu, individu yang memiliki kebiasaan merokok, menderita diabetes, dan/atau obesitas memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami periodontitis.

Bukan hanya orang dewasa, periodontitis pun dapat terjadi pada anak-anak yang kebersihan gigi dan mulutnya kurang terpelihara, meskipun prevalensinya jauh lebih rendah dibanding penderita dewasa. Hal ini dapat dihubungkan dengan semakin banyaknya anak-anak yang menderita obesitas, yang menjadi salah satu faktor risiko terjadinya periodontitis.

European Federation of Periodontology and the American Academy of Periodontology telah mengategorikan periodontitis sebagai penyakit peradangan kronis yang bersifat multifaktorial, yaitu disebabkan oleh beberapa faktor.

Tidak hanya bakteri yang berperan utama, tapi juga respon imunitas penderita. Jika dibiarkan tanpa perawatan, penyakit ini akan mengarah kepada kerusakan tulang penyangga gigi, dan menyebabkan kegoyangan pada gigi sehingga gigi terpaksa dicabut. Angka kejadian periodontitis sangat tinggi dan mengurangi kualitas hidup penderita karena mengganggu fungsi pengunyahan, merusak estetis, dan mempengaruhi kesehatan sistemik.

Berikut sekilas mengenai periodontitis & penyakit jantung, selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2

Ini Dia Bahayanya Karang Gigi Jika Dibiarkan!

loading

Periodontitis & Penyakit Jantung

Salah satu penyakit sistemik yang berkaitan erat dengan periodontitis adalah penyakit jantung (kardiovaskular). Sudah cukup banyak penelitian yang membuktikan hal ini, seperti yang dibahas lengkap dalam suatu tulisan ilmiah yang dipublikasikan belum lama ini. (Baca: Rajin ke Dokter Gigi Menurunkan Risiko Penyakit Jantung).

Jadi, kapan terakhir kali Anda memeriksakan diri ke dokter gigi? Apakah Anda sudah pernah menjalani perawatan dan pembersihan karang gigi? Jika belum, maka sekaranglah saatnya.

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Gingivitis

Spesialis
04 Mei

Inilah Biang Kerok Sebenarnya Gigi Berlubang

Spesialis
09 Mar

Menjulurkan Lidah, Gigi Bisa Tonggos?

Spesialis
09 Feb

Apakah Bernapas Melalui Mulut Dapat Mempengaruhi Gigi?

Spesialis
09 Feb

Ini yang Dapat Terjadi Pada Mulut & Gigi Anda Ketika Terkena AIDS

Spesialis
01 Des

4 KOMENTAR

Avatar
Dijah Dijah
2 Tahun Lalu

Dok bagaimana cara mengatasi karang gigi yang membandel

Avatar
vera
2 Tahun Lalu

udah lama bgt dok g bersihin karang gigi. tp knp ya dokter karang gigi itu bisa terbentuk padahal rajin sikat gigi.

Avatar
vera
2 Tahun Lalu

udah lama bgt dok g bersihin karang gigi. tp knp ya dokter karang gigi itu bisa terbentuk padahal rajin sikat gigi.

Avatar
Harie Siagian
2 Tahun Lalu

dok, kalo blh tau harga bersihin karang berapa ya dok.

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk