7 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan

Oleh dr. Nadia Octavia pada 29 Des 2015, 08:19 WIB
Ternyata batuk adalah salah satu gejala kanker. Apalagi jika sampai suara hilang. Nah, simak beberapa gejala kanker lainnya yang perlu Anda ketahui berikut ini.
7 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan

KlikDokter.com – Pengobatan kanker yang terbaik adalah melakukan pendeteksian dini oleh kanker itu sendiri. Jadi semakin dini kanker itu terdeteksi, maka semakin besar pula kemungkinan keberhasilan untuk penanganannya.

Salah satu usaha deteksi dini kanker adalah mengenali gejala-gejala awal kanker. Tapi masalahnya, banyak gejala awal kanker yang ternyata menyaru dengan penyakit biasa. Maka sudah saatnya untuk lebih jeli pada tubuh Anda jika muncul tanda-tanda berikut ini.

1. Benjolan

Walaupun tidak semua benjolan mengarah pada keganasan ataupun kanker, namun jika Anda mendapati benjolan tiba - tiba timbul pada area tubuh Anda, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter. Terlebih bila benjolan tersebut membesar dengan cepat, tidak berbatas tegas, tidak dapat digerakkan ataupun nyeri.

2.Batuk/suara serak

Ya memang betul sekarang sedang musim hujan dan batuk serta flu melanda dimana - mana. Namun hati - hati karena batuk yang kronis disertai suara serak bisa jadi merupakan salah satu gejala dari kanker laring, paru ataupun kelenjar getah bening. Jika Anda mengalami gejala yang Anda rasa tidak biasa dan tidak hilang dengan obat yang biasa Anda minum, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter.

3. Perubahan BAB

Perubahan BAB dapat bermacam - macam, bisa menjadi sulit BAB, diare, BAB berdarah dan lain sebagainya. Perubahan dalam frekuensi, jumlah dan konsistensi feses biasanya dipengaruhi oleh apa yang kita konsumsi ataupun obat - obatan yang sedang dikonsumsi. Namun jika sering terjadi dan berulang, waspada bisa jadi itu merupakan gejala dari kanker usus besar.

4. Perubahan BAK

Infeksi saluran kemih umum terjadi terutama pada wanita. Nyeri saat BAK, terdapat darah pada urine atau saat BAK tidak lampias bisa jadi merupakan gejala dari infeksi saluran kemih. Namun selain infeksi saluran kemih, gejala - gejala tersebut bisa jadi merupakan pertanda dari adanya kanker di kandung kemih, ginjal ataupun prostat.

5. Nyeri

Nyeri merupakan salah satu signal yang dikirimkan tubuh apabila terdapat masalah di dalam tubuh. Tergantung lokasinya, nyeri bisa disebabkan oleh beragam hal. Mulai dari infeksi hingga keganasan. Berdasarkan American Cancer Society nyeri yang dialami oleh pasien kanker umumnya tidak spesifik dan biasanya menyebar.

6. Penurunan berat badan

American Cancer Society menyebutkan penurunan berat badan yang drastis secara tiba - tiba bisa jadi merupakan gejala awal dari kanker. Mulai dari kanker pankreas, lambung, paru hingga esofagus.

7. Perdarahan

Batuk yang disertai darah bisa jadi merupakan gejala kanker paru. BAB yang berdarah bisa jadi merupakan gejala dari kanker usus besar. Sedangkan perdarahan dari vagina bisa jadi merupakan tanda dari kanker serviks. Perdarahan yang "tidak biasa" dapat terjadi pada kanker atau keganasan walaupun tidak selalu merupakan gejala dari kanker. 

Zuly EvanaZuly Evana

Saya bisa bertanya.. ? Saya mempunyai benjolan d bagian leher, trus saya periksa k dokter, katanya ni pnyakit tiroid, apakah tiroid tu ganas ??

kalseltanah lautjln.Gembirakalseltanah lautjln.Gembira

sipp