Pastikan Kebutuhan Serat Anak Terpenuhi

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 16 Feb 2016, 11:28 WIB
Serat tidak hanya penting untuk orang dewasa atau para pelaku diet. Anak juga memerlukan serat untuk mengoptimalkan proses pertumbuhan. Lalu, berapa banyak serat yang anak butuhkan per hari?
Pastikan Kebutuhan Serat Anak Terpenuhi

Terkadang orangtua kurang memperhatikan kandungan serat yang ada pada makanan anak dan lebih menomorsatukan lemak. Padahal serat tidak kalah penting untuk pertumbuhan anak.

Anak memerlukan beberapa gram serat untuk mengoptimalkan proses pertumbuhannya. Namun, kebutuhan serat anak berbeda-beda tiap harinya tergantung pada usia, kebutuhan energi, serta berat badan.

Manfaat Serat untuk Anak

Serat merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk organ pencernaan. Serat dapat membantu perut tetap merasakan kenyang. Di samping itu, serat mempunyai sifat mengikat air ke dalam intrasel dan menjaga keberadaan air di dalam intrasel dalam saluran cerna, sehingga dapat memudahkan anak untuk buang air besar. Serat juga mengandung prebiotik yang berguna untuk membantu penyerapan berbagai mineral, terutama kalsium.

Kebutuhan Serat Anak

Bagaimana cara menentukan kebutuhan serat anak? The Dietary Reference Intakes (DRI) menyarankan jumlah serat dalam sehari sebagai berikut:

  • Anak umur 1-3 tahun: 19 gram serat per hari
  • Anak umur 4-8 tahun: 25 gram serat perhari
  • Anak laki umur 9-13 tahun: 31 gram serat per hari
  • Anak perempuan umur 9-13 tahun: 26 gram serat per hari
  • Anak laki umur 4-19 tahun: 19 gram serat per hari
  • Anak perempuan umur 4-19 tahun: 25 gram serat per hari

Beberapa makanan yang mengandung tinggi serat adalah kol, brokoli, wortel, dan buncis. Atau bisa juga buah-buahan seperti anggur, apel, jeruk dan alpukat. Supaya anak lebih tertarik untuk mengonsumsi serat, Anda bisa memilih biskuit berbahan gandum yang mungkin lebih disenangi olehnya.