Cara Merawat Kulit Tubuh Sebelum Tidur

Oleh dr. Citra Roseno pada 02 Mar 2016, 18:52 WIB
Merawat kulit tubuh memang perlu untuk dilakukan, khususnya sebelum Anda tidur. Bagaimana cara merawat kulit tubuh sebelum tidur? Berikut info medis dari dr. Citra Roseno.
Cara Merawat Kulit Tubuh Sebelum Tidur

Merawat kulit tubuh memang perlu dilakukan oleh setiap orang. Kulit merupakan organ tubuh yang paling besar sehingga perlu diberikan perhatian lebih.

Sebelum tidur, salah satu rutinitas yang sering dilakukan adalah membersihkan kulit wajah. Namun di samping kulit wajah, perawatan kulit bagian tubuh lain tidak boleh dilewatkan.

Ketika tidur, sel kulit beregenerasi lebih cepat – memperbaiki diri dari kerusakan akibat polusi, sinar matahari, stres dan bekerja mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. Oleh karena itu, kebiasaan merawat kulit tubuh sebelum tidur sangatlah penting.

Bagaimana cara merawat kulit tubuh sebelum tidur?

Terdapat beberapa cara merawat kulit tubuh sebelum tidur yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Mandi

Pastikan Anda sudah dalam keadaan bersih sebelum tidur. Oleh karena itu, ketika Anda mandi sebelum tidur, gunakanlah sabun berpelembap agar kulit Anda senantiasa sehat dan terawat. Mandi sebelum tidur dapat mengurangi stres setelah seharian beraktivitas dan mempersiapkan tubuh untuk fase istirahat.

  • Melembapkan kulit tubuh

Selain menggunakan sabun berpelembap, oleskan juga losion berpelembap ke seluruh tubuh Anda 10 menit sebelum tidur. Lakukanlah gerakan memijat agar dapat Anda lebih rileks dan membuat Anda lebih mudah untuk tidur.

Lalu, berikan perhatian ekstra pada area-area berikut:

  • Kulit leher

Ketika menggunakan serum atau pelembap wajah, jangan lupa untuk mengoleskannya juga di bagian leher. Seperti kulit tangan, kulit leher termasuk bagian yang lebih tipis dibandingkan bagian di sekitarnya. Hal ini membuat kulit leher lebih rentan kering dan cepat keriput.

  • Kulit kaki

Beberapa kali seminggu, gosoklah jari kaki dan tumit dengan losion atau krim yang mengandung lactic acid untuk membantu pengelupasan sel kulit mati dan kulit kaki yang keras. Kemudian, lapisi lagi dengan losion biasa secukupnya. Lalu, gunakanlah kaus kaki tipis saat tidur. Namun, perlu Anda ingat untuk jangan melakukan hal ini setiap hari guna menjaga agar kondisi kulit tidak terlalu lembap. Karena pada kondisi kulit yang terlalu lembap dapat memicu berkembangnya infeksi jamur di kaki.

  • Tangan dan kuku

Penggunaan losion atau krim pelembap tangan sebelum tidur lebih efektif dibandingkan pada siang hari. Hal ini disebabkan karena pada siang hari kita akan menyentuh berbagai benda yang mengharuskan kita untuk sering mencuci tangan. Oleh karena itu, oleskan pelembap pada kulit tangan, jari dan kutikel (kulit ari) kuku Anda sebelum tidur.