Anak Gadis Usia 16 Belum Haid, Berbahayakah?

Banyak ibu yang merasa cemas jika anak gadisnya belum haid padahal sudah cukup umur. Apakah kondisi ini memang harus dikhawatirkan atau normal?
Anak Gadis Usia 16 Belum Haid, Berbahayakah?

null Usia remaja merupakan masa-masa yang sulit baik bagi remaja tersebut maupun orangtua. Perubahan fisik saat pubertas dapat membuat mereka merasa malu atau tidak nyaman. Terutama untuk remaja perempuan yang baru saja mengalami haid.

Bagi seorang anak perempuan, mendapatkan haid yang pertama kalinya (menarche) merupakan tanda bahwa ia telah menjadi perempuan seutuhnya yang beranjak dewasa.

Setiap anak memiliki waktu pubertas yang berbeda-beda. Beberapa mengalami haid lebih cepat, misalnya pada usia 9 atau 10 tahun. Ada juga yang baru mengalami haid pada usia belasan tahun. Terlambat haid belum tentu ada masalah reproduksi.

Faktor genetik berperan penting dalam menentukan kapan seorang anak perempuan mendapatkan haid. Pada umumnya, mereka akan mengalami haid pada usia yang sama dengan ibu atau neneknya saat pertama kali mengalami menstruasi.

Namun, jika anak perempuan Anda belum juga mengalami haid setelah berusia lebih dari 15 tahun dan setelah tanda pubertas muncul (pertumbuhan payudara), sebaiknya segera periksakan ke dokter. Kondisi ini disebut amenorea primer. Hal ini bisa disebabkan oleh kelainan genetik, gangguan hormonal, malnutrisi (kegemukan atau terlalu kurus), aktivitas fisik yang berlebihan atau terlalu berat (misalnya pada seorang atlet), dan sebagainya.

Lalu, apa akibatnya jika anak perempuan Anda belum haid juga?

Apabila anak terlambat mendapatkan haid pertama, ia berisiko mengalami kondisi berikut ini pada kemudian hari:

  • Oligomenorea (haid jarang dan tidak teratur).
  • Osteoporosis.
  • Depresi.
  • Sindrom metabolik.

Untuk mencegah hal tersebut, penting sekali untuk menghindari aktivitas fisik (olahraga) yang terlalu berat serta memperhatikan nutrisi anak agar ia mendapatkan cukup kalori, vitamin, dan mineral.

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

2 KOMENTAR

Avatar
Sumi Ati
1 Tahun Lalu

dok kalo umur 15 tahun masih normal?

Avatar
tama wirda
3 Tahun Lalu

ponkn sya jrg haid. dlm 1 thun kdg cma 3-4x bdn ny sbur mknny bnyk mnum air ptih jg bnyk. dy jg sdh mnum obat plncar haid tpi msh g mempan. gmn ya solusiny

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk