Telapak Tangan Pucat, Benarkah Gejala Anemia?
searchtext customer service

Apakah Telapak Tangan Pucat Berkaitan dengan Anemia?

Kondisi telapak tangan yang normal umumnya memiliki warna kemerahan. Lalu, bagaimana jika telapak tangan pucat? Benarkah itu berkaitan dengan anemia?
Apakah Telapak Tangan Pucat Berkaitan dengan Anemia?

Tanpa disadari, telapak tangan Anda dapat dipergunakan untuk melihat kondisi kesehatan Anda. 

Kondisi telapak tangan yang normal umumnya memiliki warna kemerahan. Lalu jika telapak tangan pucat, ada yang bilang itu bisa menandakan gejala anemia. Apa benar demikian? Yuk, simak penjelasannya di sini. 

Anemia Sebabkan Telapak Tangan Pucat?

Anemia Sebabkan Telapak Tangan Pucat?

Anemia atau kurang darah biasanya berkaitan dengan penurunan kadar hemoglobin (<12 g/dl). 

Anemia dapat terjadi pada pria dan wanita di berbagai usia. Namun, wanita lebih berisiko menderita anemia, terutama wanita hamil dan wanita usia produktif yang masih mengalami menstruasi. 

Di dalam tubuh, aliran darah dapat mencapai ke bagian tepi organ tubuh (perifer), salah satunya adalah tangan (termasuk telapak tangan). 

Fungsi hemoglobin dalam tubuh adalah mengikat oksigen agar dapat dialirkan ke seluruh tubuh. Aliran tubuh manusia berasal dari jantung sampai ke seluruh tubuh dan mencapai bagian tepi organ tubuh, seperti telapak tangan.

Artikel lainnya: Berbagai Gejala Anemia yang Harus Diwaspadai

Telapak tangan yang pucat biasanya berkaitan dengan tidak memadainya aliran darah tersebut, karena oksigen yang dibawa oleh hemoglobin tidak mencukupi. 

Umumnya, telapak tangan yang memiliki kadar hemoglobin yang normal akan berwarna kemerahan. Sedangkan telapak tangan yang berwarna agak pucat dapat diindikasikan dengan kurangnya kadar hemoglobin.

Tanda Telapak Tangan Pucat Akibat Anemia

Tanda Telapak Tangan Pucat Akibat Anemia

Namun, tidak semua penyebab telapak tangan pucat adalah anemia. Beberapa gangguan kesehatan lain juga bisa memicu kondisi tersebut, salah satunya sumbatan pembuluh darah tangan. 

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter guna mengetahui apakah telapak tangan pucat tersebut disebabkan anemia atau masalah kesehatan lain.

Artikel lainnya: Mungkinkah Komplikasi Anemia Sebabkan Kematian? 

Dalam mendiagnosis anemia, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan sebagai berikut:

  • Menanyakan Tanda dan Gejala yang Dialami

Dokter akan menanyakan tanda dan gejala yang Anda alami serta riwayat kesehatan untuk mendiagnosis. 

Orang dengan anemia dapat memiliki gejala seperti mudah lelah, tidak dapat berkonsentrasi, sakit kepala yang berulang, sering mengantuk, napas pendek, dan lainnya.

  • Pemeriksaan Fisik

Selain telapak tangan yang pucat, pemeriksaan fisik yang berkaitan dengan anemia juga dapat dilihat dari konjungtiva mata yang tampak pucat, ada atau tidaknya pembesaran hati dan limpa, adanya bengkak pada kaki, dan lainnya. 

  • Pemeriksaan Laboratorium dan Pemeriksaan Penunjang Lain

Pemeriksaan hemoglobin merupakan cara pasti untuk mendiagnosis anemia. Selain mengecek kadar hemoglobin, dokter juga perlu mencari tahu apakah anemia tersebut berhubungan dengan penyakit tertentu, misal gangguan ginjal, jantung, dan lainnya. 

Baca Juga

Itulah hubungan antara telapak tangan pucat dan anemia. Telapak tangan yang berwarna agak pucat memang bisa menjadi pertanda kurangnya kadar hemoglobin.

Penanganan anemia tergantung dari penyebabnya. Jika pemicunya adalah kekurangan zat besi, maka dapat diberikan suplemen zat besi dan penerapan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi.

Jadi, apabila Anda memiliki telapak tangan yang pucat disertai dengan tanda dan gejala yang telah disebutkan di atas, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Dapatkan informasi lainnya mengenai kesehatan di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat.

[RS]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Peter Fernando, DiMAP.

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Devi Agustiani

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Spesialis
19 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat