Berbahayakah Pencuci Wajah Berpewangi untuk Kulit Sensitif?

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 18 Mar 2016, 16:18 WIB
Seringkali kita lebih tertarik untuk memilih pencuci wajah dengan aroma tertentu yang menarik indera penciuman kita. Namun, apakah penuci wajah yang wangi tersebut baik bagi kulit Anda? Berikut ulasannya.
Berbahayakah Pencuci Wajah Berpewangi untuk Kulit Sensitif?

Tak dapat dipungkiri jika hidung memegang peranan penting ketika Anda hendak memilih produk perawatan wajah. Orang pada umumnya akan lebih memilih produk pencuci wajah yang memiliki keharuman tertentu, sesuai selera masing-masing.

Namun tahukah Anda, wewangian tersebut dapat menimbulkan masalah pada kulit Anda?

Wewangian = Iritasi dan Alergi

Berbagai studi telah menyatakan bahwa wewangian yang terkandung dalam produk perawatan wajah – termasuk pembersih wajah – dapat menimbulkan alergi dan iritasi pada kulit. Hal ini dapat terjadi terutama pada mereka yang memiliki jenis kulit sensitif dan masalah kulit lainnya.

Terdapat lebih dari 5000 jenis pewangi sintetis yang diciptakan untuk menimbulkan aroma yang harum pada berbagai produk pencuci wajah. Dan sebagian besar di antaranya dapat menimbulkan iritasi dan alergi pada mereka yang rentan.

Gejala yang dapat timbul, misalnya kemerahan, gatal, perih, hingga mengelupas.

Namun demikain, pewangi alami, seperti minyak esensial, memang dapat digunakan untuk menambah aroma. Namun, bagi orang yang sangat sensitif, pewangi alami sekalipun juga dapat menimbulkan reaksi.

Tanpa Pewangi

Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif dan masalah kulit, seperti jerawat, psoriasis, rosasea, dan dermatitis, dokter akan menganjurkan untuk memilih pembersih wajah yang lembut dan bebas pewangi. Demikian pula dengan mereka yang memiliki kulit normal, akan lebih baik untuk menggunakan produk yang bebas pewangi.

Memilih Pembersih Wajah yang Aman

Gunakanlah pembersih wajah yang mengandung pelembap dan memiliki pH yang sesuai dengan pH kulit, yakni 5,5. Dengan demikian, minyak alami di kulit tidak akan hilang dan ikut “tercuci” oleh produk tersebut. Selain itu, pembersih wajah yang mengandung pelembap juga akan menjaga kelembapan kulit sehingga meminimalkan risiko iritasi.

Oleh karena itu, pilihlah pembersih wajah yang bebas pewangi, mengandung pelembap dan memiliki pH yang sesuai dengan kulit sehingga dapat lebih bersahabat dengan kulit Anda. Selain itu, jangan gunakan air panas ketika mencuci wajah. Keringkanlah wajah dengan handuk lembut dengan cara menepuk, bukan dengan menggosok.