7 Cara Mengatasi Kulit Bersisik

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 18 Mar 2016, 16:32 WIB
Kulit bersisik merupakan kondisi kulit yang kehilangan kelembapannya. Berikut 7 Cara mengatasi kulit bersisik oleh dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK
7 Cara Mengatasi Kulit Bersisik

Apakah kulit Anda terlihat kusam dan bila digores terlihat garis berwarna putih? Jika ya, mungkin Anda memiliki kering dan bersisik.

Sisik pada kulit terjadi karena kulit kehilangan kelembapannya. Lapisan terluar kulit yang kering ini akan dengan mudah terlepas dari tubuh, dan terkadang lapisan kuilt yang terkelupas tersebut memiliki ukuran yang cukup besar sehingga terlihat seperti sisik.

Keberadaan kulit sisik ini dapat mengganggu penampilan kulit, terutama bila ada di area yang mudah terlihat seperti di wajah, tangan, dan kaki. Selain itu, kulit berisisik juga lebih mudah meradang dan menimbulkan gatal. Terjadinya keadaan tersebut tentu dapat mempengaruhi kualitas hidup sehari-hari.

Kulit bersisik, apa itu?

Secara alamiah, tubuh menghasilkan pelembap di kulit. Pelembap ini berfungsi sebagai salah satu barrier kulit. Keberadaan pelembap alami kulit adalah untuk memastikan kulit dalam kondisi yang baik dan sehat sehingga kulit dapat terhindar dari berbagai keluhan yang mengancam.

Hilangnya pelembap alami kulit ini akan menyebabkan hilangnya ikatan antar sel kulit sehingga kulit mudah mengelupas dan terlihat bersisik.

Hilangnya kelembapan kulit dan kulit tampak bersisik tersebut dapat disebabkan oleh perawatan kulit sehari-hari yang salah, berada di ruangan berpendingin udara sepanjang hari, dehidrasi, merokok, paparan sinar matahari, atau bahkan karena ada kondisi medis yang mendasari seperti psoriasis, dan dermatitis.

Kulit bersisik janganlah disembunyikan, tetapi segera diatasi agar tampilan kulit dapat lebih baik dan sehat.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kulit bersisik, antara lain:

1. Mandi dengan sabun berpelembap

Selain membersihkan, sabun juga akan menghilangkan lapisan pelembap alamiah kulit. Karenanya, bagi Anda yang memiliki kering dan bersisik, sangat direkomendasikan untuk menggunakan sabun yang berpelembap.

Sabun berpelembap akan menghilangkan kotoran yang melekat pada kulit dan meninggalkan pelembap di permukaan kulit untuk menggantikan pelembap alamiah yang hilang saat proses pembersihan. Perlu diketahui bahwa sensasi licin yang dirasakan setelah mandi dengan sabun berpelembap bukan dikarenakan mandi yang tidak bersih. Rasa licin tersebut disebabkan oleh kandungan pelembap yang ditinggalkan di permukaan kulit. Jadi bila mandi dengan sabun berpelembap, jangan dibilas sampai kesat. Pasalnya, kesat bukanlah arti untuk kulit yang bersih, rasa kesat tersebut artinya kulit Anda kering.

2. Mandi dengan suhu air yang tidak melebihi suhu tubuh

Bagi beberapa orang, mandi dengan air panas sangat menyenangkan. Namun tanpa disadari, air yang terlalu panas akan dengan cepat menghilangkan pelembap alamiah yang ada di kulit.

3. Jangan mandi terlalu lama

Semakin lama Anda berada di dalam kamar mandi, kulit akan semakin kering.

4. Jangan menggosok permukaan kulit terlalu keras

Hindari penggunaan alat penggosok yang berbahan terlalu kasar saat Anda mandi. Menggosok tubuh dengan tangan atau dengan waslap berbahan lembut sudah cukup membersihkan tubuh.

Penggunaan alat bantu mandi dengan permukaan yang kasar justru akan membuat kulit semakin mengelupas dan bersisik, belum lagi ditambah dengan kemungkinan terjadinya luka.

Demikian pula halnya saat Anda mengeringkan tubuh dengan handuk. Gosokan handuk yang terlalu kuat akan mengikis kulit serta pelembap alami yang ada di permukaan kulit Anda.

5. Menggunakan pelembap secara rutin terutama segera setelah mandi.

Gunakanlah pelembap segera setelah  Anda mandi, saat kulit masih dalam keadaan lembap. Kelembapan ini sebaiknya segera kita kunci dengan menggunakan losion pelembap agar kulit tidak terlihat bersisik nantinya.

6. Jaga kelembapan suhu ruang.

Pendingin udara akan menarik kelembapan dari lingkungan, termasuk tubuh Anda, sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Jadi sebaiknya jangan terus-menerus berada di ruangan berpendingin udara, atau atur suhu ruang agar kelembapan kulit dapat tetap terjaga.

7. Pola hidup sehat

Minum air putih dengan cukup, yakni minimal 8 gelas per hari. Minum air putih ini sangat penting untuk menjaga hidrasi kulit agar tidak terlihat kering.

Kebiasaan merokok, dan terpapar sinar matahari berlebih juga berkontribusi terhadap paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, karenanya hal ini sebaiknya dihindari.

Demikian berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi kulit bersisik. Bila setelah melakukan hal-hal tersebut namun kondisi kulit bersisik masih berlanjut, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter atau dokter spesialis kulit dan kelamin.

al lewunk pendhozaal lewunk pendhoza

sebelumnya tidak stelah saya keseringn pakai sabun bdl atau sabun pepaya kok malah jadi kering

al lewunk pendhozaal lewunk pendhoza

muka saya kering dok sabun pelembab apa ya yg cocok ..