Kasur yang Tepat untuk Nyeri Punggung

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 02 Agu 2016, 14:33 WIB
Penderita nyeri punggung memerlukan kasur yang tepat agar keluhannya dapat teratasi. Berikut tip dari dr. Theresia Rina Yunita.
Kasur yang Tepat untuk Nyeri Punggung

Setiap orang pasti menginginkan kualitas tidur yang baik. Kualitas tidur yang baik dipercaya mampu meningkatkan kesehatan seseorang. Sebaliknya, kualitas yang buruk akan menimbulkan berbagai penyakit.

Nyeri Punggung

Nyeri di daerah punggung –terutama punggung bawah– merupakan keluhan yang sering terjadi. Dalam dunia medis ini dikenal dengan istilah low back pain.

Nyeri punggung dapat terjadi ketika ada gangguan pada sendi tulang belakang. Beberapa penyebabnya adalah kecelakaan, cedera, kebiasaan tidur dan posisi duduk yang salah, membungkuk atau mengangkat barang. Nyeri punggung dapat hilang dengan sendirinya. Namun dapat juga bertahan lama atau dikenal dengan sebutan chronic back pain.

Kasur dan Nyeri Punggung

Iming-iming kualitas tidur yang baik dan dapat mengurangi nyeri punggung membuat banyak orang berlomba-lomba membeli matras atau kasur yang mahal. Namun penggunaan kasur yang tidak tepat dapat membuat kedudukan tulang belakang tidak dalam satu garis lurus. Akibatnya timbul nyeri punggung atau memperparah nyeri yang sudah ada. Para peneliti percaya bahwa kasur yang tepat adalah kasur yang menjaga kedudukan tulang belakang tetap sejajar garis lurus.

Ketika memilih kasur untuk mengatasi keluhan nyeri punggung, kasur harus cukup kuat untuk menopang tulang belakang Anda. Pastikan kasur tidak terlalu keras atau terlalu lunak (medium hard-firm). Sebab ada kemungkinan Anda tidur dengan berbagai posisi (berganti-ganti posisi).

Kasur dengan bahan memory foam (busa memori) merupakan jenis kasur yang baik untuk tulang belakang. Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kasur dengan per dan waterbed (kasur air) juga baik untuk mengatasi keluhan nyeri punggung.

Tip Memilih Kasur yang Tepat

Saat ini telah tersedia beberapa kasur yang didesain khusus dengan menggabungkan kelembutan busa memori dan per sehingga menghasilkan kasur yang lunak, dengan permukaan tetap tegas atau tidak mudah kendur.

Suatu studi menunjukkan bahwa dalam 90 hari, penderita nyeri punggung yang menggunakan kasur dengan tingkat kekerasan medium mengalami penurunan nyeri tulang belakang atau punggung dibandingkan dengan penderita yang menggunakan kasur sangat keras atau sangat lunak.