Telapak Kaki Sering Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 24 Agu 2016, 13:34 WIB
Pernahkah Anda mengalami nyeri pada telapak kaki saat bangun tidur atau setelah melakukan aktivitas fisik berat? Cari tahu penyebabnya di sini.
Telapak Kaki Sering Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Pernahkah Anda mengalami nyeri pada telapak kaki saat bangun tidur atau setelah melakukan aktivitas fisik berat? Untuk mengetahui penyebabnya, terlebih dahulu kenali struktur yang terdapat di dalam telapak kaki.

Telapak kaki dalam istilah medis dinamakan plantar. Di dalam telapak kaki terdapat otot, ligamen, tulang, kulit dan saraf. Telapak kaki dibentuk oleh plantar fascia –jaringan yang menghubungkan tulang tumit ke jari kaki.

Plantar fascia mendukung kelengkungan kaki, sehingga saat menapak jaringan tersebut akan meregang. Jika plantar fascia mengalami tekanan berlebihan, maka akan mengakibatkan plantar fascia melemah, membengkak, dan meradang. Hal ini menyebabkan tumit atau telapak kaki sakit ketika berdiri atau berjalan.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan telapak kaki nyeri antara lain banyak berjalan, berlari, atau berdiri. Selain itu juga bisa disebabkan karena sering mengenakan sepatu dengan alas tinggi, kegemukan, dan peregangan mendadak pada tumit.

Selain hal di atas, terdapat beberapa penyebab lain di antaranya:

  • Metatarsalgia

Metatarsalgia atau nyeri pada bagian depan kaki. Pada masing-masing kaki, terdapat lima tulang metatarsal. Beberapa gerakan seperti; berjalan, melompat, atau berlari menyebabkan berat badan bertumpu pada jari-jari kaki dan metatarsal. Tulang metatarsal pertama dan kedua mengambil beban dari gaya ini.

  • Penyakit plantar fasciitis

Nyeri pada telapak kaki paling sering disebabkan oleh penyakit plantar fasciitis. Dalam keadaan normal, plantar fascia berfungsi seperti shock absorber yang menyerap dan menahan goncangan serta membantu pergerakan melengkung telapak kaki. Jika terjadi ketegangan ataupun tekanan/beban yang begitu besar, maka dapat membuat fascia menjadi teriritasi atau meradang akibatnya timbul rasa sakit.

Gejala yang muncul pada plantar fasciitis adalah telapak kaki sakit terutama di bagian antara tumit dan bagian depan kaki saat bangun tidur. Kondisi ini akan memburuk ketika penderita mengambil langkah pertama saat kaki menapak, setelah duduk ataupun berbaring untuk sementara waktu.

Faktor risiko yang menyebabkan telapak kaki sakit harus segera diwaspadai. Berkonsultasilah dengan dokter jika Anda merasakan nyeri di bagian telapak kaki, susah berjalan atau kaki susah digerakkan.

(NB/RH)