Agar Patah Tulang Cepat Sembuh

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 24 Agu 2016, 13:49 WIB
Patah tulang dapat sembuh dengan hasil (nyaris) sempurna –dengan catatan jika mendapat penanganan yang tepat.
Agar Patah Tulang Cepat Sembuh

Patah tulang merupakan suatu kondisi yang dapat dialami semua orang. Penyebabnya pun beragam; kecelakaan, keganasan atau bahkan pengeroposan tulang karena faktor usia.

Sebagian besar kasus patah tulang akan sembuh nyaris sempurna dengan penanganan yang baik dan benar. Namun pada 10% kasus, penyembuhan patah tulang ini tidak dapat berjalan dengan baik. Akibatnya, bentuk tulang tidak dapat kembali seperti sedia kala. Jika sudah demikian, fungsi tulang tersebut akan terganggu dan memengaruhi performa sehari-hari.

Penyembuhan Patah Tulang

Pada prinsipnya pengobatan patah tulang dipengaruhi oleh dua hal, pengobatan yang diberikan dan respon tubuh. Jadi meskipun jenis patah tulang dan pengobatan yang diberikan sama, tidak semua orang memiliki proses dan hasil yang sama juga. Di masa awal, tulang memerlukan reposisi –penyesuaian kedudukan agar kembali pada satu garis lurus– mengingat kelurusan tulang berperan penting dalam mengembalikan tulang tersebut.  Proses reposisi dapat dilakukan dengan berbagai metode –bergantung pada bentuk patahan. Misalnya dengan fiksasi eksternal ataupun pemasangan pin di dalam tulang.

Setelah dikembalikan ke satu garis lurus, tulang yang patah memerlukan stabilisasi agar selama proses penyembuhan tulang tetap pada garis lurusnya. Di sinilah individu yang bersangkutan memiliki berperan besar untuk proses penyembuhan. Sebab keoptimalan penyembuhan tulang amat bergantung ditentukan pada tahap ini.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan dengan hasil yang optimal. Berikut beberapa di antaranya:

  • Batasi pergerakan di area patah tulang

Seperti yang telah dijelaskan, stabilisasi diperlukan saat tulang sedang memproduksi sel-sel ketika proses penyembuhannya agar kelurusan tulang tetap terjaga. Untuk itu batasi pergerakan agar stabilisasi dapat terjaga.

  • Tingkatkan asupan makanan bergizi

Penyembuhan patah tulang amat dipengaruhi oleh kualitas makanan individu yang bersangkutan. Untuk optimalnya penyembuhan patah tulang, tingkatkan makanan yang banyak mengandung protein, kalsium, zink, dan antioksidan.

  • Hindari minum kopi, teh, dan soda

Ketiga jenis minuman ini dapat menghambat penyerapan kalsium dan menyebabkan tidak optimalnya proses penyembuhan patah tulang.

(NB/RH)

Adi PramaAdi Prama

Dan lutut saya gak bisa di benkok kan dok bagai mna cara mengobati lutut yg gak bisa benkok dok

Adi PramaAdi Prama

Dok setelah di pin dan tak sengaja terinjak tanah kaki yg patah itu bisa bergeser dok