4 Hal yang Bisa Sebabkan Perawatan Kulit Gagal

Oleh dr. Nadia Octavia pada 25 Aug 2016, 10:56 WIB
Meskipun produk perawatan kulit sudah lengkap, terkadang hasil yang didapatkan masih belum sebanding dengan harapan. Apa yang salah? Cari tahu selengkapnya di sini.
4 Hal yang Bisa Sebabkan Perawatan Kulit Gagal

Pembersih wajah, tabir surya, pelembap, serum dan krim malam adalah serangkaian perawatan kulit yang mungkin sudah Anda miliki di rumah.

Meskipun demikian, terkadang hasil yang didapatkan tidak sebanding dengan harapan. Apa yang salah? Empat hal berikut ini adalah penyebab kegagalan terbanyak:

1. Tidak rutin menggunakan produk perawatan kulit karena merasa tidak ada hasilnya

Kulit sehat dan berkilau tidak bisa terjadi secara instan. Dibutuhkan waktu setidaknya sekitar 8 minggu untuk melihat perubahan atas penggunaan sebuah produk. Oleh karena itu, gunakan produk perawatan kulit Anda secara rutin dan teratur.

2. Menggunakan produk eksfoliasi berlebihan

Banyak orang beranggapan bahwa kulit yang tidak merah atau mengelupas merupakan kegagalan dari produk perawatan kulit yang digunakan. Padahal pengelupasan (eksfoliasi) yang berlebihan dapat mengakibatkan rusaknya pelindung alami kulit dan dehidrasi kulit. Eksfoliasi fisik sperti penggunaan scrub sebaiknya tidak digunakan lebih dari 2 kali dalam seminggu. Sedangkan eksfoliasi kimia –seperti menggunakan asam glikolat– sebaiknya digunakan hanya 1 kali saja dalam seminggu.

3. Tidak menggunakan tabir surya setiap hari

Salah satu penyebab timbulnya penuaan dini adalah karena pengaruh buruk sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Sebesar 78% penyebabnya berasal dari paparan sinar matahari yang tidak disadari –misalnya saat menyetir, duduk di pinggir jendela, atau berjalan di luar ruangan saat mendung. Karenanya gunakan tabir surya secara rutin setiap hari –bahkan di saat cuaca sedang atau beraktivitas di dalam ruangan.

4. Tidak menggunakan produk apa pun setelah membersihkan wajah

Setelah melakukan ‘ritual’ pembersihan wajah, gunakan toner atau penyegar bebas alkohol dan pelembap. Hal ini dilakukan agar kulit dapat meyerap produk perawatan secara cepat. Pada dasarnya kulit dapat menyerap nutrisi dari produk dalam keadaan lembap, seperti sesaat setelah membersihkan wajah. Penggunaan produk perawatan setelah membersihkan wajah juga akan membuat kulit terhindar dari dehidrasi.

Jika setelah melakukan beberapa hal di atas hasil yang Anda dapatkan masih belum maksimal, segera mengunjungi dokter spesialis.

(NB/RH)