Rahasia Perawatan Wajah Wanita Korea

Oleh dr. Nadia Octavia pada 25 Agu 2016, 11:04 WIB
Kulit wajah mulus bak wanita Korea bukan lagi impian. Intip rahasianya di sini.
Rahasia Perawatan Wajah Wanita Korea

Bagi para pecinta film Korea, paras cantik dan mulus para wanitanya tentu sudah tak asing. Ternyata di balik kulit mulus mereka terdapat segudang rahasia perawatan wajah yang rutin dijalankan. Ingin tahu rahasianya?

1. Bersihkan wajah

Sebelum mencuci wajah dengan sabun, bersihkan wajah dengan pembersih riasan. Gunakan pembersih untuk wajah dan area mata yang berbeda. Sebab riasan area mata sering bersifat tahan air (waterproof) sehingga tidak dapat hilang dengan pembersih biasa.

2. Cuci muka

Setelah dibersihkan, cuci wajah dengan sabun muka. Sabun muka berfungsi membersihkan sisa minyak yang berasal dari pembersih riasan. Saat mencuci wajah, pijat dan usap sabun secara memutar pada wajah Anda. Hindari menggosok sabun secara kasar agar kulit tidak iritasi.

3. Pengelupasan kulit (eksfoliasi)

Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan sisa kotoran. Tujuannya agar kulit kembali sehat dan siap menerima produk yang hendak diaplikasikan. Lakukan setidaknya 1-2 kali dalam seminggu untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit.

4. Penyegar

Penyegar atau toner sering kali diremehkan dan dianggap sepele. Padahal, penyegar ini berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH alami, menenangkan, dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk perawatan yang akan digunakan. Jika kulit Anda tergolong kering, sebaiknya hindari penyegar yang mengandung alkohol.

5. Essence

Essence biasanya berbentuk cair dan mirip seperti toner. Produk ini popular di Korea dan banyak dijumpai di berbagai produk perawatan kulit asal Korea. Fungsinya untuk mempercepat regenerasi kulit agar kulit lebih halus dan cerah.

6. Serum

Serum dapat membantu mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori, mengurangi flek hitam dan anti-aging. Gunakan secara rutin 2 kali sehari, di pagi dan malam hari sebelum penggunaan krim.

7. Masker

Masker membantu penyerapan nutrisi, menjaga kelembapan, mempercerah dan memperhalus kulit. Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker selama 15-20 menit.

8. Krim mata

Kulit di sekitar mata lebih tipis dibandingkan dengan kulit di area wajah lainnya. Karena itu Anda memerlukan krim khusus area mata. Hindari pengaplikasian dengan cara menggosok.

9. Pelembap

Kulit yang terhidrasi dengan baik adalah kunci kulit yang sehat dan berkilau. Pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Gunakan pelembap di pagi dan malam hari, pada area wajah dan leher. 

10. Krim malam atau sunblock

Wanita Korea gemar mengaplikasikan produk kulit hingga beberapa lapis. Untuk mengakhiri langkah perawatan pagi hari, Anda bisa mengaplikasikan tabir surya –minimal SPF 20. Saat malam hari, Anda bisa menggunakan krim malam.

Untuk menghindari kekeliruan, berkonsulasilah juga dengan dokter spesialis kulit.

(NB/RH)