Mau Cantik? Minum Air Putih!

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 04 Nov 2016, 15:30 WIB
Kulit Anda terasa kering, kusam, dan mulai muncul garis-garis halus di wajah? Mungkin Anda kurang minum air putih.
Mau Cantik? Minum Air Putih!

Kulit kering dan kusam, kerutan pada kulit, dan garis-garis halus di sekitar mata. Anda merasa memiliki semuanya, padahal usia belum menginjak kepala empat?

Hal tersebut dapat timbul akibat beberapa hal, di antaranya tidak merawat kulit dan kurang mengonsumsi sayur dan buah. Namun, bagaimana jika Anda sudah rajin melakukannya, tapi kulit masih saja terasa kering dan kusam?

Mungkin Anda kurang minum air putih. Selain rajin merawat kulit dan memperbanyak asupan sayur serta buah, Anda juga tidak boleh lupa mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari.

Mengapa Air Putih?

Sebesar 75% dari tubuh Anda terdiri dari air. Sementara itu, 30% dari kulit sendiri terdiri dari air. Kandungan air dalam kulit tersebut berkontribusi dalam menciptakan kulit yang halus, lembap, kenyal, dan bersinar.

Jika kulit kekurangan air, maka kulit akan menjadi kering, kusam, terasa kencang, dan mudah mengalami iritasi. Pori-pori pada kulit wajah juga akan tampak lebih jelas dan besar. Selain itu, pada kulit yang kering pun lebih mudah timbul kerut dan garis-garis halus.

Bahkan, menurut sebagian besar orang yang memiliki masalah jerawat, masalah kulit yang sudah bertahun-tahun dialami tanpa perbaikan tersebut dapat membaik setelah mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup.

Berapa Jumlah yang Harus Dikonsumsi?

Para ahli menyarankan agar Anda mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas per hari. Meskipun demikian, jumlah tersebut tidak dapat disamakan pada semua orang. Sebab jumlah air putih yang dikonsumsi tergantung dari berat badan, aktivitas, dan suhu tubuh.

Secara kasar, Anda harus mengonsumsi air putih sebesar 40 cc dikalikan dengan berat badan Anda. Jika berat badan Anda 50 kg, maka Anda cukup minum air putih 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas. Namun jika berat badan Anda 70 kg, maka Anda harus minum air putih sedikitnya 2800 cc dalam sehari.

Jumlah tersebut harus ditambah jika Anda sedang demam, muntah dan diare, atau banyak berkeringat setelah aktivitas sedang-berat.

Ingin kulit cantik, sehat, dan awet muda? Ayo, minum air putih!

[RS/RH]

Baca Juga: