10 Kegiatan Seru Ayah dan Anak, Biar Lebih Akrab!
search

Rekomendasi Kegiatan Seru untuk Keakraban Ayah dan Anak

Agar lebih akrab, ada banyak aktivitas dan permainan yang bisa dilakukan ayah bersama anaknya. Simak rekomendasi kegiatan ayah dan anak di sini.
Rekomendasi Kegiatan Seru untuk Keakraban Ayah dan Anak

Klikdokter.com, Jakarta Umumnya, ayah dan ibu punya karakter yang berbeda. Oleh karena itu, cara mereka menunjukkan kasih sayang dan perhatiannya berbeda pula. 

Seorang ibu biasanya memberikan kasih sayang dalam bentuk perhatian dan kelembutan. Kendati terlihat cuek, bukan berarti kasih sayang dan perhatian ayah lebih sedikit dibandingkan ibu.  

Interaksi dengan ayah biasanya lebih seru sehingga banyak anak yang lebih senang bermain bersamanya. Naluri ayah yang suka bertualang juga sangat cocok untuk memenuhi rasa ingin tahu anak dalam mencoba berbagai hal baru. 

Nah, jika Anda seorang ayah, berikut beberapa kegiatan seru yang bisa membuat lebih dekat dengan anak.

1. Bercerita

Bercerita merupakan kegiatan di dalam rumah yang menyenangkan bagi anak dan ayah. Anda dapat berinteraksi dengan anak dengan menceritakan pengalaman, membaca buku cerita, atau mengarang cerita bersama.

Mintalah anak Anda untuk bergantian bercerita mengenai kegiatan atau imajinasinya. Hal ini juga bermanfaat untuk melatih kemampuan komunikasi serta imajinasi anak.

Artikel Lainnya: Tips Menghabiskan Waktu Bersama bagi Ayah dan Anak

1 dari 5

2. Menggambar dan Mewarnai

Menggambar dan Mewarnai
loading

Menggambar atau mewarnai juga merupakan kegiatan seru yang dapat dilakukan oleh ayah dan anak. Ajak anak menggambar berbagai bentuk sesuai imajnasinya. 

Biarkan anak memberikan warna ke gambar tersebut dengan berbagai jenis alat mewarnai yang aman dan sesuai usianya. Kegiatan menggambar dan mewarnai dapat melatih kemampuan motorik halus, visual, dan kreativitas si kecil.

3. Bernyanyi dan Berjoget

Bernyanyi atau berjoget bersama juga merupakan kegiatan seru di dalam rumah yang bisa dilakukan oleh ayah dan anak. 

Putar lagu-lagu anak yang menarik dan mengandung makna edukasi bagi anak. Kemudian, buatlah gerakan-gerakan yang mudah ditiru anak untuk melatih koordinasi motorik serta pendengaran anak.

Artikel Lainnya: Ayah Juga Bisa Bangun Ikatan dengan Anak Lewat Pijatan

2 dari 5

4. Bermain Mainan anak

Bermain Mainan anak
loading

Saat bermain bersama anak, ayah harus dapat masuk ke dunia si kecil. Jangan enggan atau malu memainkan benda, seperti mobil-mobilan, robot, boneka, dan permainan lainnya yang digemari buah hati. 

Buat permainan si kecil menjadi lebih seru dengan kehadiran Anda bersamanya. Dengan demikian hubungan Anda dan si kecil tentu akan menjadi lebih akrab.

5. Bermain Petak Umpet

Walaupun terdengar sederhana, anak usia 2-5 tahun nyatanya sangat senang dengan permainan petak umpet di rumah atau di halaman. 

Anak menikmati saat harus mencari ayahnya yang sedang bersembunyi atau sebaliknya. Permainan ini melatih kemampuan motorik, visual, serta kemampuan menganalisis anak.

Artikel Lainnya: Serunya Bermain Sepak Bola bersama Ayah

3 dari 5

6. Berenang

Berenang
loading

Untuk kegiatan di luar rumah, berenang merupakan salah satu aktivitas yang sangat digemari oleh anak laki-laki maupun anak perempuan. 

Jika memiliki kolam renang di rumah, baik kolam renang besar maupun yang terbuat dari plastik, maka Anda dapat melakukan kegiatan berenang setiap minggu. Selain mengasyikkan, kegiatan berenang juga merupakan kegiatan fisik yang baik untuk kesehatan anak.

7. Joging

Joging merupakan aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak dan ayah di luar rumah. Akan tetapi, ayah harus menyesuaikan jarak, kecepatan, dan intensitas joging agar si kecil dapat menyesuaikan aktivitas fisik ini dengan baik. 

Selain meningkatkan hubungan antara ayah dan anak, kegiatan ini dapat melatih kebugaran fisik si kecil sekaligus memberinya paparan sinar matahari yang baik untuk kesehatan.

Artikel Lainnya: Ayah, Lakukan Ini agar Pertumbuhan Psikologis Anak Optimal

4 dari 5

8. Bersepeda

Bersepeda
loading

Bersepeda bersama si kecil juga merupakan kegiatan menarik. Anda dapat membonceng si kecil  atau menggunakan sepeda yang terpisah. 

Pilihlah lokasi yang aman seperti bersepeda di taman atau di kompleks perumahan demi keamanan anak. Jangan membahayakan keselamatan anak dengan mengajaknya bersepeda di jalan raya.

9. Hiking

Hiking ke bukit, gunung, atau ke hutan kecil sekitar rumah juga bisa menjadi kegiatan menarik untuk ayah dan anak. 

Selain melatih kekuatan fisik, hiking dapat mengenalkan dan meningkatkan kecintaan anak terhadap alam sekitarnya.  Hiking juga bisa membuat anak menghirup udara segar yang penting untuk kesehatannya.

10. Berwisata

Kegiatan lain yang dapat Anda lakukan bersama si kecil adalah berwisata, seperti ke kebun binatang, taman, pantai, danau, atau tempat wisata lainnya.

Berkunjung ke tempat wisata merupakan kegiatan yang asik dan membuat si kecil memiliki pengalaman baru yang penting untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Baca Juga

Kini Anda telah mengetahui apa saja kegiatan seru yang dapat dilakukan oleh ayah dan anak. Jika ingin melakukan kegiatan di luar rumah, jangan lupa tetap ikuti protokol kesehatan selama pandemi COVID-19, ya.

Ketahui informasi kesehatan anak dan tips parenting lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Putri Primawardani, Sp. A, M.Biomed

Spesialis Anak
wallet
Rp. 25.000

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mencegah si Kecil Sakit Setelah Kehujanan

Spesialis
09 Jun

Manfaat Membawakan Bekal Sekolah untuk Anak

Spesialis
09 Jun

Penyebab Si Kecil Tidak Mau Minum Susu

Spesialis
19 Mei

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memasukkan si Kecil ke Kursus Anak

Spesialis
15 Apr

Tips Mendidik Si Kecil Agar Tidak Manja

Spesialis
03 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat