Kebiasaan Buruk yang Bikin Kulit Terlihat Tua

Oleh dr. Atika pada 21 Dec 2016, 15:00 WIB
Kulit akan mengalami penuaan seiring dengan bertambahnya usia. Namun, bila Anda tidak cermat dan terus melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk, bersiap-siaplah mengalaminya!
Kebiasaan Buruk yang Bikin Kulit Terlihat Tua

Penuaan memang tidak terhindarkan oleh siapa pun. Seluruh organ yang ada di tubuh akan menjadi tua, tidak terkecuali kulit. Sayangnya, tanpa Anda sadari, beberapa kebiasaan buruk sehari-hari justru dapat membuat kulit terlihat lebih tua dari yang seharusnya.

Apa saja kebiasaan buruk tersebut?

  1. Malas menggunakan krim ber-SPF (tabir surya), atau hanya mengaplikasikannya satu kali untuk sepanjang hari

Terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Selain itu, sinar ultraviolet juga dapat menyebabkan kulit kering, terjadi luka bakar, hingga yang paling berbahaya: kanker kulit.

Gunakan krim yang mengandung SPF saat Anda beraktivitas di luar ruang. Menurut  American Academy of Dermatology dan National Institute for Health and Clinical Excellence (NICE), setiap orang harus memakai tabir surya dengan SPF minimal 15. Aplikasikan kembali setelah 2 jam.

  1. Membiarkan kulit berada dalam kondisi kekeringan

Kekeringan adalah salah satu jalan utama yang mengantarkan kulit pada penuaan dini. Terutama bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering, maka penuaan dini adalah bahaya terbesar bagi kulit Anda.

Gunakan pelembap kulit secara teratur bila Anda terpapar kondisi yang menyebabkan kulit menjadi kering (contohnya berada dalam ruangan yang dingin). Ulangi pemakaian pelembab bila dibutuhkan. Lebih baik lagi jika tidak berada dalam lingkungan yang terlalu dingin, dalam jangka waktu yang lama.

Yang tidak kalah penting untuk mencegah kekeringan kulit adalah dengan mencukupi asupan air putih Anda. Menghindari membasuh muka dengan air hangat juga disarankan, karena kebiasaan ini menyebabkan kulit cenderung lebih kering.

  1. Memiliki kebiasaan merokok

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, jangan heran bila penuaan dini kulit datang menghampiri Anda. Awalnya pada tahun 1971, seorang peneliti melaporkan bahwa merokok memiliki efek buruk terhadap kulit. Penelitian terbaru juga telah mengonfirmasi hal tersebut.

Efek lain yang juga ditemukan dari merokok adalah pengurangan jumlah kolagen kulit dan munculnya zat-zat yang mampu merusak komponen vital kulit. Kolagen adalah komponen jaringan pada kulit yang dapat membuat kulit tampak kenyal, muda, dan sehat.

  1. Kurang mengonsumsi sayur dan buah

Dari sebuah penelitian, dibuktikan bahwa antioksidan dapat melindungi kulit terhadap kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Antioksidan dapat diperoleh dari sayur serta buah, terutama yang mengandung vitamin C dan E.

Sepuluh makanan yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi adalah paprika, jambu biji, sayur-sayuran berwarna hijau gelap, buah kiwi, brokoli, berbagai macam buah beri (misalnya stroberi), jeruk, tomat, dan pepaya.

Sedangkan makanan yang tinggi dengan kandungan vitamin E adalah kacang almon, biji bunga matahari, biji labu, bayam, kacang hazelnut, alpukat, brokoli, pepaya, dll.

Kulit yang terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya tentu sangat mengusik penampilan sempurna Anda. Untuk itu, hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk di atas agar upaya perawatan kulit Anda tidak sia-sia. No pain, no gain!

[RS/RH]

Baca Juga: