Manfaat Minyak Krill bagi Kesehatan

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 21 Dec 2016, 20:00 WIB
Kemajuan teknologi menciptakan banyak alternatif cara untuk menjadi lebih sehat. Minyak krill adalah salah satunya. Ketahui manfaat kesehatan yang dimiliki minyak krill di sini!
Manfaat Minyak Krill bagi Kesehatan

Minyak krill adalah minyak hasil ekstraksi dari krill, sejenis udang laut dalam yang terdapat di Antartika. Minyak krill kaya akan asam lemak omega-3, EPA, dan DHA.

Asam lemak omega-3 telah diteliti bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, asam lemak tersebut juga dapat memberikan efek pengenceran darah ringan.

Berikut manfaat-manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui:

  • Menurunkan olesterol

Karena kandungan astaksantin yang dimilikinya, minyak krill bermanfaat untuk menurunkan level kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Astaksantin juga terbukti dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat paparan terhadap sinar UVA. Sinar UVA merupakan salah satu penyebab penuaan dini. 

  • Anti peradangan

Manfaat menakjubkan lain dari minyak krill adalah efek anti peradangannya yang kuat. Minyak krill memproduksi senyawa resolvin dan protektin yang akan membantu meredakan peradangan sebelum proses tersebut mulai merusak jaringan. Efek ini sangat bermanfaat bagi penderita radang kronis, misalnya pada penderita artritis.

  • Mengatasi nyeri haid

Selain manfaat-manfaat di atas, studi menunjukkan bahwa minyak krill dapat mengurangi nyeri haid dan gangguan emosi saat PMS.  

Kini Anda telah mengetahui berbagai manfaat minyak krill. Konsultasikan kesehatan Anda dan manfaat minyak krill lebih jauh dengan dokter Anda. Selamat mencoba!

[RS/RH]

Baca Juga: