Benarkah Mag Sebabkan Perut Keras dan Feses Hitam?

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 26 Jan 2017, 14:50 WIB
Berbagai mitos tentang mag banyak beredar di media. Mulai dari yang sederhana seperti mual dan sesak nafas, hingga perut yang keras dan feses atau tinja yang berwarna hitam.
Benarkah Mag Sebabkan Perut Keras dan Feses Hitam?

Anda pasti telah mengetahui apa itu mag. Mag merupakan kondisi yang banyak dialami oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan dan usia. Secara sederhana, mag adalah gangguan pada dinding lambung dan produksi asam lambung. Gejala yang timbul antara lain adalah mual, muntah, dan kembung.

Jika Anda pernah mendengar bahwa mag dapat menyebabkan perut keras dan feses hitam, jangan langsung panik. Salah satu keluhan pada penderita mag adalah perut kembung.

Perut kembung diakibatkan oleh adanya produksi gas berlebih di saluran pencernaan yang kemudian menumpuk. Biasanya akan dikeluarkan melalui sendawa atau buang angin.

Pada beberapa kondisi tertentu, gas yang menumpuk di saluran pencernaan (terutama lambung) ini dapat membuat perut sangat kembung. Akibat terasa keras dan mengeluarkan bunyi menggema saat perut diketuk.

Pada kondisi gangguan lambung yang lebih ekstrem, feses hitam juga dapat ditemukan. Feses hitam tidak ditemukan sesering perut kembung yang keras pada penderita mag, namun memang dimungkinkan pada keadaan-keadaan tertentu.

Penderita mag kronis biasanya mengalami kondisi lain seperti tukak lambung. Ini merupakan luka yang terdapat di lambung atau saluran pencernaan lain dapat berdarah dan bercampur dengan makanan saat pencernaan.

Feses atau tinja yang berwarna hitam biasanya merupakan feses yang bercampur darah yang berasal dari saluran pencernaan setengah ke atas. Hal ini membuat darah sudah menghitam saat penderita buang air besar.

Jika Anda penderita mag, kenali terlebih dahulu makanan dan aktivitas yang dapat memicu kambuhnya mag. Selain itu, jika Anda merasakan keluhan yang sangat mengganggu dan tidak biasa, seperti perut yang keras atau feses yang hitam, segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan secepatnya.

(DA/ RH)

Baca Juga:

Haris ArumiHaris Arumi

dok klo hernia pda wanita itu ciri2 nya apa??