Inilah Cara Memakai Tabir Surya yang Benar

Oleh dr. Nadia Octavia pada 06 Jun 2016, 15:07 WIB
Dengan tabir surya, kulit akan terlindungi dari radiasi sinar ultraviolet yang membahayakan. Maka dari itu, penting untuk menggunakan tabir surya dengan benar.
Inilah Cara Memakai Tabir Surya yang Benar

Sinar matahari yang sehari-hari selalu mengenai tubuh kita memancarkan radiasi. Radiasi dari paparan sinar matahari ini berupa sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet B lebih berbahaya daripada sinar ultraviolet A. Upaya pertahanan dari kulit kita terhadap paparan radiasi tersebut berupa terjadinya pembentukan pigmen atau melanin oleh sel pembentuk pigmen di kulit, yaitu melanosit.

Jika terjadi paparan yang berlebihan dapat menimbulkan kehitaman pada kulit dan kemerahan seperti terbakar. Atau, jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dapat terjadi kanker kulit. Oleh sebab itu, manfaat tabir surya sangat besar dan penting.

Terdapat dua jenis sinar UV yang dapat membahayakan kulit: UVA dan UVB. Broad-spectrum sunscreen dapat melindungi Anda dari keduanya. Sinar UVA dapat mempercepat tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti kerut dan bintik-bintik penuaan. Sedangkan sinar UVB dapat membuat kulit Anda terbakar. Tingginya paparan terhadap kedua sinar ini dapat berpotensi menjadi kanker kulit.

Usahakan untuk rutin menggunakan tabir surya setiap hari, apalagi kita tinggal di negara tropis. Berikut ini beberapa kiat dalam memakai tabir surya agar hasilnya lebih maksimal:

  1. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 20

Selain itu, gunakan juga tabir surya yang bersifat broad-spectrum yang dapat melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB.

  1. Selalu gunakan tabir surya sebelum keluar ruangan

Tunggu selama kira-kira 15 menit sebelum tabir surya Anda bekerja di kulit setelah diaplikasikan. Jika Anda menggunakan tabir surya setelah berada di luar ruangan, maka tabir surya Anda tidak akan bekerja dengan baik.

  1. Aplikasikan ulang tabir surya

Aplikasikan ulang tabir surya setiap dua jam. Hal ini terutama apabila Anda berada di luar ruangan, berkeringat berlebih, berolahraga, dan berenang. Keringat, air, dan minyak di wajah dapat mengurangi kerja tabir surya. Namun, sebetulnya jika aktivitas Anda hanya di dalam ruangan dan tidak berada di dekat jendela yang terkena sinar matahari, Anda tidak perlu mengaplikasikan ulang tabir surya. Terkecuali jika Anda berkeringat, di luar ruangan, atau terbasuh air.

  1. Aplikasikan tabir surya pada seluruh kulit

Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya pada area-area yang sering kali dilupakan. Misalnya leher, wajah, telinga, kaki, dan tangan. Untuk melindungi bibir Anda, gunakan pelembap bibir yang setidaknya mengandung SPF 15.

  1. Gunakan tabir surya setiap hari

Gunakan tabir surya setiap hari, meskipun cuaca sedang mendung, hujan, atau berada di dalam ruangan. Banyak orang berpikir Anda hanya perlu menggunakan tabir surya ketika cuaca sedang terik. Padahal meskipun cuaca sedang mendung, sinar matahari tetap memancar dan mengandung UVA dan UVB.