Kulit Tetap Sehat Walau Sering Berada di Ruangan Ber-AC

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 08 Jun 2016, 14:39 WIB
Apakah Anda sering merasa kulit terasa kaku dan tertarik, atau merasa gatal di banyak bagian tubuh tertentu? Jangan-jangan kulit Anda terlalu kering, terutama bagi Anda yang sering berada di ruangan ber-AC.
Kulit Tetap Sehat Walau Sering Berada di Ruangan Ber-AC

Saat ini, kebanyakan orang hampir selalu berada di ruangan ber-AC. Mulai dari tidur, berkendara, bekerja di kantor, melakukan kegiatan di sekolah, meeting dengan konsumen, pergi kursus, jalan-jalan di mal, dan sebagainya, hampir selalu dilakukan di ruangan ber-AC.

Tanpa disadari, kulit dapat menjadi sangat kering akibat terlalu sering dan terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Keluhan yang sering muncul akibat kulit kering ini biasanya adalah munculnya rasa gatal tanpa adanya lokasi spesifik, terkadang gatal di punggung, terkadang di tungkai, atau bisa juga di area tubuh yang lain. Rasa gatal ini biasanya muncul di malam hari akibat kulit terlalu kering, setelah seharian beraktivitas di ruangan ber-AC.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan bagi Anda yang banyak beraktivitas di ruangan ber-AC agar kulit tidak terlalu kering:

1. Minum cukup air putih

Untuk menjaga agar kulit terhidrasi dengan baik, konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup setiap harinya. Pasalnya, dinginnya AC akan “menarik” air dari tubuh Anda. Untuk mengimbanginya, perhatikan kecukupan air yang Anda minum. Jadi, pastikanlah wadah air minum Anda selalu berada berdekatan dengan Anda.

2. Gunakan pelembap lebih sering

Bila biasanya pelembap hanya digunakan setelah mandi, ada baiknya mulai saat ini biasakan untuk selalu membawa pelembap kemanapun Anda pergi. Selain memberikan nutrisi, pelembap juga akan melapisi kulit Anda sehingga AC tidak semudah itu “menarik” air dari tubuh Anda. Selain itu, pelembap juga membuat hidrasi kulit terjaga dengan baik. Setiap kali kulit terasa kering atau gatal, Anda dapat mengaplikasikan pelembap yang Anda miliki. Semakin sering digunakan, pelembap akan membuat kulit menjadi semakin sehat, keluhan gatal berkurang, dan Anda akan bisa beraktivitas lebih baik, walaupun diruangan ber-AC sekalipun.

3. Pola makan sehat

Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan dan sayuran. Kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang terkandung di dalam buah dan sayur akan membuat kulit lebih sehat. Jus dapat menjadi pilihan yang baik dan praktis untuk bisa mendapatkan manfaat dari buah atau sayuran.

4. Perhatikan ventilasi ruangan

Walaupun Anda selalu berada di ruangan tertutup yang nyaman dan dingin, biasakan untuk sesekali membuka jendela di ruangan Anda tersebut. Selain untuk menjaga sirkulasi, udara segar yang masuk ke dalam ruangan juga dapat membantu mempertahankan kadar kelembapan agar ruangan tidak menjadi terlalu kering dan tentunya kulit juga tidak akan menjadi kering.

5. Menggunakan alat humidifier

Bila diperlukan, Anda dapat menggunakan alat humidifier untuk menjaga kelembapan ruangan. Terdapat banyak jenis alat humidifier di pasaran. Pilihlah yang paling sesuai dengan keuangan dan luas ruangan Anda. Alat ini akan membantu menjaga kelembapan di dalam ruangan supaya kulit tidak menjadi kering.