Perawatan untuk Melembapkan Kulit Sensitif

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 13 Jun 2016, 11:26 WIB
Kulit sensitif, banyak orang yang mengklaim dirinya memiliki kulit jenis ini. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan kulit sensitif, dan bagaimana sebaiknya merawat kulit sensitif? Berikut info medis dari dr. Melyawati Hermawan Sp, KK.
Perawatan untuk Melembapkan Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah kulit yang cenderung mudah merah dan iritasi. Bila berkontak dengan produk tertentu, kulit sensitif akan dengan mudah menjadi iritasi dan kemerahan, padahal pada kulit normal produk yang sama tidak menyebabkan kemerahan apalagi iritasi. Jadi, keadaan kulit sensitif ini sebenarnya dapat Anda ketahui dari aktivitas sehari-hari, tanpa perlu adanya pemeriksaan khusus.

Berbagai faktor dapat mempengaruhi reaksi dari kulit sensitif, seperti misalnya faktor genetik, usia, jenis kelamin, sinar matahari, penggunaan obat tertentu, atau adanya penyakit tertentu.

Untuk merawat kulit sensitif, beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni:

1. Membersihkan wajah dan tubuh.

Respon setiap orang terhadap produk pembersih atau cara membersihkan, misalnya menggosok dengan busa lembut atau scrub, tidaklah sama. Namun untuk kulit sensitif, Anda disarankan untuk menggunakan sabun pembersih yang tidak mengandung banyak detergen. Pasalnya, detergen pada sabun cenderung mengiritasi kulit, apalagi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Sabun jenis ini biasanya tidak menghasilkan busa yang banyak. Selain menggunakan sabun yang tidak mengandung detergen, Anda juga disarankan untuk tidak menggosok kulit terlalu kuat. Di samping itu, perhatikan juga perhatikan frekuensinya. Sebaiknya, jangan dilakukan terlalu sering karena justru akan membuat kulit menjadi kering dan mudah iritasi.

2. Menjaga hidrasi kulit

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan lebih kuat dan sehat. Cukupi kebutuhan cairan harian Anda, pilih sabun yang memiliki kandungan pelembap, dan setelah mandi biasakan untuk selalu menggunakan pelembap sesegera mungkin. Pelembap ini akan melapisi kulit dan meningkatkan ketahanan kulit terhadap kekeringan dan abrasi sehingga kulit tidak mudah merah atau iritasi.

3. Pemilihan produk perawatan kulit yang baik

Pilih produk dengan kandungan kimia seminimal mungkin. Produk ini biasanya ditandai dengan tanda “hypoallergenic”, dan tidak mengandung pengawet, pengharum, ataupun pewarna – yang biasanya dapat mengiritasi kulit sensitif. Hindari untuk berkontak dengan produk yang memiliki kandungan antiseptik atau alkohol karena dapat menyebabkan kulit kering dan kulit menjadi lebih mudah merah. Bila kesulitan memilih produk perawatan kulit, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan anjuran perawatan kulit yang sesuai untuk kulit sensitif Anda.

4. Jangan mandi dengan air panas

Air panas akan menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan menghilangkan kelembapan alamiah kulit. Pelebaran pembuluh darah ini justru akan membuat kulit menjadi merah dan kering. Jadi, jangan mandi dengan air yang memiliki suhu lebih tinggi dari suhu tubuh supaya kulit sensitif Anda tidak menjadi lebih merah atau iritasi.

5. Mengonsumsi makanan sehat

Ingatlah bahwa makanan sehat berarti kulit sehat. Jadi, penuhi nutrisi tubuh Anda supaya kulit sensitif Anda selalu terjaga kesehatannya.