search

6 Kelainan Sperma yang Penting Anda Ketahui

Anda sedang dalam program mendapatkan keturunan? Berikut ada beberapa jenis kelainan sperma yang perlu Anda ketahui, yang dijelaskan bersama dr. Alvin Nursalim disini.
6 Kelainan Sperma yang Penting Anda Ketahui

KlikDokter.com - Infertilitas merupakan masalah yang cukup umum ditemui. Kerinduan pasangan untuk memiliki momongan kadang tidak kunjung terjawab. Salah satu penyebab dari infertilitas yang sering luput perhatian adalah adanya gangguan pada sperma pria.

Untuk mengetahui gangguan pada sperma pria, dapat dilakukan analisis cairan sperma.  Setelah proses analisa cairan sperma, jenis kelainan sperma baru dapat ditentukan, untuk kemudiannya dapat ditentukan pula penanganannya.

Baca Juga
1 dari 3

Azoosperma

loading

Untuk membuahi sel telur, diperlukan satu sel sperma. Namun jumlah sperma yang  banyak diperlukan karena tidak semua sel sperma dapat bertahan hidup untuk membuahi sel telur. Azoosperma adalah sebuah kondisi medis dimana tidak ditemukan sperma pada semen.

Hal ini dikaitkan dengan fertilitas yang rendah, bahkan sterilitas. Keadaan ini mempengaruhi 1% dari populasi pria.

Terdapat berbagai penyebab azoosperma seperti gangguan hormon, bahkan gangguan genetik. Pada pemeriksaan sperma, tidak terlihat sel sperma yang memadai.

2 dari 3

Beberapa Kelainan Sperma Lainnya:

loading

Oligozoosperma

Oligozoosperma adalah keadaan dimana cairan sperma hanya mengandung sedikit sel sperma. Hal ini akan berdampak pada infertilitas pria. Konsentrasi sperma di bawah 20 juta sperma/ml dapat dikatakan oligozoosperma. Pada keadaan yang berat jumlah sperma dibawah 5 juta sperma/ml.

Asthenozoosperma

Asthenozoosperma adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan adanya penurunan motilitas sperma. Sperma yang baik adalah sperma yang dapat bergerak dengan cepat dan lurus ke depan. Namun apabila terdapat gangguan morfologi sperma, maka akan menyebabkan kecepatan pergerakan sperma menurun.

Teratozoosperma

Teratozoosperma adalah keadaan dimana bentuk sperma tidak normal. Penyebab dari keadaan ini tidak diketahui pada sebagian besar kasus. Namun keadaan Teratozoosperma dikaitkan dengan penyakit Hodgkin’s, penyakit coeliac dan penyakit Crohn. Bentuk sperma yang tidak normal dapat menyebabkan penurunan motilitas sperma dan mencegah masuknya sperma ke sel ovum.

Hypospermia

Hypospermia adalah keadaan medis dimana seorang pria memiliki jumlah cairan sperma yang sedikit, yaitu 1.5 ml. Bedakan dengan oligozoosperma yang berarti konsentrasi sperma yang rendah. Keadaan ini tidak menyebabkan infertilitas, namun jika jumlah cairan sperma diikuti dengan konsentrasi sperma yang rendah, maka keadaan ini dapat menyebabkan infertilitas.

Hyperspermia

Hyperspermia adalah keadaan dimana seorang pria memiliki jumlah sperma yang banyak. Jumlah cairan sperma pada keadaan hyperspermia melebihi volume normal, sampai lebih dari 15.5 ml. Keadaan ini adalah lawan dari keadaan hypospermia.

REAKSI ANDA

17 KOMENTAR

Avatar
suis hartijingsih
1 Bulan Lalu

dok saya mau tanya kenapa seprema saya encer ya kalau sudah berhubungan dengan istri

Avatar
Chronica Hutapea
2 Tahun Lalu

seperma enfer itu yg Seperti Apa sic ?

Avatar
Leviaza Azzavirta
2 Tahun Lalu

pertanyaannya ga ada yang di jawab ya.

Avatar
Nadi Desky
2 Tahun Lalu

utk mengatasi sperma yg kek gtu apa obat y dok

Avatar
Achmad Rahmanto
2 Tahun Lalu

Mlm dok,,, saya kmrn hbs tes sperma,,, dan kesimpulanny adalah extreme Asteno terato zoospermia,,,, mohon sarannya dok... Trmakasih

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat