Bantu Kurangi Nyeri Sendi dengan Menurunkan Berat Badan
searchtext customer service

Bantu Kurangi Nyeri Sendi dengan Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda, menurunkan berat badan dapat membantu meringankan keluhan nyeri sendi? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.
Bantu Kurangi Nyeri Sendi dengan Menurunkan Berat Badan

Klikdokter.com, Jakarta Sendi adalah jaringan penghubung antar tulang. Peran sendi sangat besar dalam sistem gerak tubuh. Tanpa sendi, tubuh akan sulit digerakkan. Oleh karena itu, setiap permasalahan sendi tentu dapat memengaruhi produktivitas seseorang.

Keluhan nyeri sendi sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini terjadi karena adanya proses peradangan dan pengapuran sendi (osteoarthritis). 

Berat badan berlebih menjadi salah satu faktor penting terjadinya osteoarthritis. Karena, berat badan berlebih dapat menyebabkan trauma mekanis, khususnya pada sendi-sendi penyokong berat badan tubuh. 

Artikel lainnya: Awas, Anak Muda Juga Bisa Terkena Nyeri Sendi!

Hubungan Berat Badan dan Nyeri Sendi

Hubungan Berat Badan dan Nyeri Sendi

Semakin berat seseorang, maka beban yang diberikan pada sendi-sendi penyokong tubuh semakin besar. 

Kondisi tersebut dapat menyebabkan cedera pada persendian, dan bila tidak diatasi lama-kelamaan bisa mengakibatkan pengapuran sendi. Alhasil, timbullah gejala seperti nyeri sendi.

Sebuah penelitian di Boston, Amerika Serikat, dalam The Framingham Study menyatakan bahwa perempuan yang mengurangi berat badan setidaknya 5 kg dapat mengurangi gejala pada osteoarthritis hingga 50%. 

Hasil penelitian di Denmark pun menyebutkan bahwa menurunkan berat badan 5% dari total berat badan dapat meningkatkan kualitas fungsi kerja seseorang dengan permasalahan sendi. 

Lebih lanjut, ahli rematologi dari Johns Hopkins University mengatakan bahwa obesitas meningkatkan risiko osteoarthritis 4-6 kali lipat.

Artikel lainnya: Nyeri Sendi dan Nyeri Otot, Apa Bedanya?

Adakah Berat Badan Ideal untuk Cegah Nyeri Sendi?

Adakah Berat Badan Ideal untuk Cegah Nyeri Sendi?

Belum ada rekomendasi untuk berat badan ideal yang ideal guna mencegah nyeri sendi

Namun, penelitian dari Cleveland Clinic menyatakan bahwa menurunkan berat badan yang berlebih (overweight) dapat menurunkan progresivitas dari osteoarthritis. 

Berat badan ideal berada dalam rentang indeks massa tubuh (IMT) yang direkomendasikan, yaitu 18,5-25 kg/m2. 

Tips Menurunkan Berat Badan untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Tips Menurunkan Berat Badan untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Menurunkan berat badan bisa menjadi cara mengatasi keluhan nyeri sendi. Berikut ini tipsnya: 

1. Tentukan Target

Sebelum memutuskan untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa berat badan awal. Tetapkan target penurunan berat badan secara realistis. 

Penurunan berat badan normal adalah 0,5-1 kg per minggu. Pada kondisi berat badan berlebih dan obesitas, Anda dapat menurunkan berat badan secara bertahap, diawali 5% dari berat badan Anda terlebih dahulu.

2. Kurangi Asupan Kalori

Untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengurangi asupan kalori pada makanan sehari-hari. Cara mengolah makanan dapat memengaruhi tinggi rendahnya kalori. Makanan yang direbus lebih sehat dibandingkan digoreng. 

Selain itu, kebutuhan kalori harian juga dipengaruhi kondisi fisik dan aktivitas setiap individu. Hal tersebut dapat dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter ahli gizi.

Artikel lainnya: Penyebab Nyeri Sendi yang Paling Umum dan Sering Terjadi

3. Hindari Makanan Kemasan

Makanan kemasan cenderung mengandung gula, garam, lemak, dan pengawet yang dapat menurunkan kualitas metabolisme tubuh. 

Sebaiknya konsumsi makanan yang segar dan baru dimasak, sehingga berat badan Anda bisa turun dan tubuh selalu sehat. 

4. Minum Air Putih yang Cukup

Apakah Anda sudah minum air yang cukup setiap harinya? Jika belum, cobalah untuk mulai memperhatikan hal ini. 

Hasil sebuah penelitian menunjukan bahwa semakin banyak mengonsumsi air putih, maka dapat menurunkan berat badan. Konsumsilah air putih delapan gelas per hari.

5. Olahraga Kardio

Olahraga secara rutin sangat dianjurkan dalam proses menurunkan berat badan. Pilihlah olahraga kardio yang dapat mengikis lemak tubuh, di antaranya lari, aerobik, dan bersepeda. 

Anda dapat melakukan olahraga minimal 30 menit per hari, selama 3-6 hari per minggu.

6. Tidur Cukup

Ingatlah untuk tidur secara teratur agar bisa menurunkan berat badan secara maksimal. Pasalnya, kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon ghrelin. 

Hormon ghrelin ini bisa merangsang peningkatan nafsu makan Anda. Dengan demikian, cukupi waktu tidur Anda sebanyak 7-8 jam per hari.

Baca Juga

Menurunkan berat badan terbukti bisa menjadi cara mengatasi nyeri sendi. Oleh karena itu, pastikan berat badan Anda sudah ideal. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Jika Anda masih punya pertanyaan mengenai nyeri sendi, Anda dapat konsultasi dengan dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat