Sarapan Serealia dan Minum Susu, Apakah Cukup?

Oleh KlikDokter pada 23 Mar 2017, 06:00 WIB
Bagaimana sebenarnya sarapan yang ideal? Apakah harus makan lengkap, cuku dengan sarapan serealia dan minum susu saja?
Sarapan Serealia dan Minum Susu, Apakah Cukup?

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang merasa belum makan kalau tidak menyentuh nasi. Namun, apakah sarapan harus selalu dengan nasi, ataukah boleh dengan menu lainnya?

Sarapan Itu Penting!

Peran sarapan dalam memberikan asupan nutrisi dan energi pada pagi hari memang tiada duanya. Karena itu, tak heran jika sarapan dikatakan sebagai ‘waktu makan yang paling penting dalam sehari’.

Bagaimana tidak, menu makan pagi diteliti dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral yang tinggi. Selain itu, menu sarapan juga biasanya rendah lemak.

Apalagi jika Anda memilih menu sarapan yang tepat, tentu Anda bisa mendapatkan energi yang cukup untuk menjalani hari. Rasa kenyang pun akan bertahan lebih lama.

Sarapan Serealia dan Minum Susu, Praktis!

Kebanyakan orang memilih menu sarapan yang sederhana dan ala kadarnya. Tidak banyak orang suka sarapan dengan ‘menu besar’ seperti nasi dan segala lauknya. Lagi pula, kesibukan orang-orang perkotaan dewasa ini memang menyulitkan untuk menyiapkan sarapan secara lengkap.

Untuk menyiasati gaya hidup yang terbilang padat, orang-orang banyak yang beralih ke menu sarapan serealia dan minum susu. Tinggal tuang, tambahkan susu, siap untuk disantap.

Namun, apakah sarapan serealia dan minum susu saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda?

Ternyata

Sekitar delapan penelitian melaporkan bahwa konsumsi serealia dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Hal tersebut dikarenakan konsumsi serealia secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 19-30%.

Sarapan serealia juga menyumbang 8-12% kebutuhan serat dalam sehari. Kebutuhan serat yang terpenuhi akan menyehatkan pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Selain melancarkan buang air besar, sarapan serealia ternyata juga bermanfaat untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Beberapa penelitian juga mengonfirmasi adanya hubungan yang positif antara konsumsi serealia dengan menurunnya risiko gangguan mood (seperti depresi, kecemasan, dan stres).

Anak-anak sekolah yang rutin mengonsumsi serealia sebagai sarapan didapati memiliki energi dan vitalitas yang lebih baik ketimbang mereka yang jarang sarapan.

Selain segala manfaat dari sarapan serealia yang telah diuraikan di atas, susu yang ditambahkan ke dalam serealia juga memberikan tambahan nutrisi. Nutrisi ini adalah protein, vitamin, dan mineral. Lengkap, ya!

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak sarapan, dong?

1 of 2

Sarapan dengan Energen

Sarapan sehat berarti menunya juga harus sehat dan bergizi seimbang. Jika Anda menginginkan pilihan yang sehat sekaligus praktis, Energen jawabannya!

Energen adalah minuman serbuk serealia yang mengandung karbohidrat, energi, protein, dan sigmavit (vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E, asam folat, dan kalsium).

Dengan mengonsumsi Energen setiap pagi, Anda tidak hanya merasa kenyang tetapi juga lebih berenergi. Anda pun dapat melakukan aktivitas harian dengan optimal.

Jadi, pastikan sarapan Anda tidak hanya kenyang, tetapi juga bergizi lengkap, seperti yang ada di dalam Energen. Energen kini hadir dalam lima pilihan rasa: cokelat, vanila, kacang hijau, jahe, dan jagung. Energen jagung ini dilengkapi dengan bulir jagung asli, Energen kaya serat, dan membuat kenyang lebih lama.

[RS/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓