Menghitung Untung Rugi dari Sarapan

Oleh KlikDokter pada 22 Mar 2017, 22:05 WIB
Ada yang bilang bahwa sarapan itu penting. Tapi ada pula yang menolak sarapan dengan alasan bikin gemuk.
Menghitung Untung Rugi dari Sarapan

Klikdokter.com, Jakarta “Tidak usah sarapan ah, langsung saja berangkat ke kantor. Nanti di kantor bisa ngemil atau sekalian makan siang.”

Pikiran tersebut mungkin sering terlintas di benak Anda. Bisa jadi ini disebabkan karena Anda bukan orang yang terbiasa bangun pagi atau morning person. Kalaupun harus bangun pagi, itu pun karena terpaksa. Jika tidak berangkat pagi, bisa- bisa kena macet dalam perjalanan menuju ke tempat kerja.

Alhasil, sering kali sarapan tidak menjadi prioritas utama. Padahal, sarapan lebih banyak untungnya dibandingkan dengan ruginya, lho!

Keuntungan Sarapan

Orang yang rutin sarapan bisa mendapatkan asupan nutrisi yang lebih banyak daripada mereka yang tidak sarapan. Hal ini disebabkan karena menu sarapan yang kaya akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Sarapan juga dapat memberikan energi yang cukup bagi Anda untuk beraktivitas, sampai akhirnya Anda mendapatkan asupan selanjutnya dari makan siang.

Bagi Anda yang ingin menurunkan atau menjaga agar berat badan tetap stabil, sarapan adalah salah satu jawabannya. Sebagian orang ingin menurunkan asupan kalori dengan melewatkan sarapan. Justru, tidak sarapan dapat membuat Anda kelaparan, dan kalap ketika makan siang nanti. Akibatnya asupan kalori malah bertambah.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa 80% orang yang berhasil menurunkan berat badan sebesar 14 kg selalu sarapan setiap hari.

Manfaat sarapan tak hanya dirasakan oleh orang dewasa, namun juga bagi anak sekolah. Menurut American Dietetic Association, anak sekolah yang rutin mengonsumsi sarapan setiap hari memiliki konsentrasi, memori, fungsi kognisi, stamina, dan nilai matematika yang lebih baik.

Lalu, Apa Ruginya?

Sebenarnya tidak ada! Jika Anda bangun tepat waktu, niscaya Anda dapat menyiapkan sarapan tanpa harus takut terlambat.Jadi, siap sarapan setiap hari, dong?

1 of 2

Makanan Bergizi

Bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja? Anda dapat mencoba Energen sebagai salah satu alternatif sarapan bergizi.

Energen adalah minuman serbuk serealia yang mengandung karbohidrat, energi, protein, dan sigmavit (vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E, asam folat, dan kalsium). Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata dan saluran cerna. Sementara itu, vitamin B bagus untuk metabolism energi dan pembentukan jaringan.

Vitamin D berperan membantu pemadatan tulang dengan mengatur kalsium dan fosfor yang ada dalam tubuh. Sedangkan vitamin E dapat membantu melindungi struktur sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jadi, pastikan sarapan Anda tidak hanya kenyang, tetapi juga bergizi lengkap, seperti yang ada dalam Energen.

Energen kini hadir dalam lima pilihan rasa: cokelat, vanila, kacang hijau, jahe, dan rasa jagung. Energen jagung ini dilengkapi dengan bulir jagung asli, Energen kaya serat, dan membuat kenyang lebih lama.

[RS/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓