Inilah 5 Manfaat Makanan Organik

Oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons pada 30 Mar 2017, 18:52 WIB
Makanan organik sering dikatakan sebagai makanan sehat. Cari tahu manfaat makanan organik di sini.
Inilah 5 Manfaat Makanan Organik

Klikdokter.com, Jakarta Dulu, makanan organik hanya dijual di toko makanan sehat. Sekarang, makanan organik begitu mudah ditemukan. Sebab makanan organik sudah semakin populer di kalangan masyarakat, terutama orang-orang yang sedang menjalani diet.

Bagi Anda yang ingin mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan organik, berikut ini manfaat makanan organik:

  1. Kandungan antioksidan dan vitamin lebih banyak

    Beberapa penelitian menemukan bahwa makanan organik mengandung antioksidan yang tinggi. Bahkan mencapai 69 persen bila dibandingkan dengan makanan non organik. Kandungan vitamin C pada makanan organik, seperti jagung dan buah berries, juga lebih tinggi hingga 52 persen.

  2. Lebih sedikit nitrat

    Nitrat sering dihubungkan dengan risiko kanker di berbagai bagian tubuh. Makanan organik terbukti mengandung nitrat lebih sedikit hingga 30 persen. Jadi, risiko makanan organik terhadap kanker lebih rendah.

  3. Lebih sedikit bahan kimia

    Tanah yang digunakan untuk menanam tanaman organik mungkin saja masih tertinggal pestisida. Namun, makanan organik sudah terbukti tetap mengandung lebih sedikit bahan kimia daripada makanan makanan non organik.

  4. Tidak mengandung antibiotik

    Hewan organik tidak diberi antibiotik. Mengonsumsi hewan yang diberi antibiotik berisiko terinfeksi bakteri yang sudah kebal akan antibiotik tersebut. Apabila sudah kebal, diperlukan antibiotik dengan tingkat yang lebih tinggi untuk mengobati suatu penyakit.

  5. Ramah lingkungan

    Pertanian organik awalnya dibuat untuk mengurangi polusi. Selain itu, karena proses penanamannya yang dilakukan secara alami, kualitas tanah juga membaik dan kandungan airnya terjaga.

Jika Anda ingin mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, Anda bisa memulainya dengan rutin mengonsumsi makanan organik. Selain lebih aman dan sehat, makanan organik kabarnya memiliki rasa yang lebih enak.

(BA/ RH)