Inilah 5 Penyebab Utama Nyeri Sendi

Oleh dr. Nadia Octavia pada 03 Apr 2017, 20:28 WIB
Pernahkah Anda mengalami kaku dan nyeri pada sendi secara tiba-tiba? Inilah lima hal yang paling sering menyebabkan kondisi tersebut.
Inilah 5 Penyebab Utama Nyeri Sendi

Klikdokter.com, Jakarta Kaku dan nyeri merupakan serangan yang dapat berlangsung singkat atau lama. Semua itu dipengaruhi oleh tingkat keparahan rasa sakit yang bervariasi. Kebanyakan nyeri sendi datang secara tiba-tiba di pagi hari yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Berikut faktor penyebab nyeri sendi:

  1. Gout artritis

    Gout artritis adalah peradangan sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat yang mengkristal pada sendi. Nyeri oleh gout artritis seringkali dialami di jari tangan atau kaki, pergelangan kaki dan lutut yang timbul tiba- tiba.

    Anda yang memiliki riwayat keluarga gout artritis, konsumsi alkohol berlebih, dan obesitas berisiko lebih tinggi untuk terkena gout artritis. Begitu juga dengan Anda yang banyak mengonsumsi makanan tinggi purin seperti makanan laut atau daging.

  2. Reumatoid artritis

    Reumatoid artritis merupakan penyakit autoimun. Ini adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh ‘menyalahartikan’ jaringan yang sehat sebagai ancaman bagi tubuh dan menyerangnya.

    Pada reumatoid artritis, terjadi peradangan yang merusak sendi, pembuluh darah, dan organ tubuh lainnya. Nyeri sendi biasanya dialami pada beberapa persendian seperti tangan, kaki dan pergelangan tangan. Nyeri umumnya juga disertai dengan pembengkakan sendi dan sulit menggerakkan persendian.

  3. Lupus

    Systemic lupus erythematosus atau lupus juga merupakan penyakit autoimun seperti halnya reumatoid artritis. Pada lupus, tak hanya sendi yang diserang, namun juga kulit, pembuluh darah, dan organ dalam tubuh.

    Nyeri sendi yang dialami penderita lupus umumnya menyerang secara tiba– tiba dan disertai dengan pembengkakan sendi, demam, mudah lelah, nyeri dada dan sensitif terhadap sinar matahari. Gejala lupus biasanya berbeda– beda pada setiap orang.

  4. Osteoartritis

    Pada osteoartritis terjadi peradangan di membran synovial, yaitu membran yang menyelubungi dan melindungi sendi sehingga sendi dapat bergerak bebas. Jika membran sinovial meradang, maka terjadi pembengkakan, nyeri, dan kaku sendi. Sendi yang terkena biasanya pada jari– jari tangan, pinggul, dan lutut.

  5. Infeksi virus

    Infeksi virus seperti hepatitis, rubella, demam berdarah, dan chikungunya dapat membuat Anda mengalami nyeri sendi yang tiba– tiba. Nyeri sendi pada infeksi virus biasanya dialami pada hampir seluruh persendian tubuh, seringkali digambarkan sebagai ngilu pada seluruh tubuh.

Tak hanya nyeri sendi, pada infeksi virus juga biasanya disertai dengan demam atau gejala spesifik lainnya. Tanda ini bergantung pada penyebabnya -seperti ruam pada kulit atau badan menguning.

Jika Anda merasakan nyeri sendi secara tiba-tiba, segera periksakan ke dokter. Obat penghilang nyeri hanya bersifat sementara.

(DA/RH)