Benarkah Antioksidan Bisa Sembuhkan Jerawat?

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 06 May 2017, 10:25 WIB
Antioksidan telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apakah zat ini juga bermanfaat untuk menangani jerawat?
Benarkah Antioksidan Bisa Sembuhkan Jerawat?

Klikdokter.com, Jakarta Antioksidan merupakan senyawa kimia yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas atau oksidan. Singkatnya, antioksidan memiliki efek detoksifikasi yang baik bagi tubuh dan turut bekerja dalam meredakan peradangan.

Terkait dengan hal ini, para pakar menemukan bahwa peradangan akibat proses kimiawi dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Karena itulah antioksidan dijadikan salah satu pilihan untuk mencegah timbulnya jerawat.

Beberapa uji klinis yang meneliti manfaat antioksidan dalam penanganan jerawat juga menunjukkan hasil yang cukup meyakinkan. Salah satu penelitian menemukan bahwa penderita jerawat ringan memiliki peradangan yang lebih sedikit.

Pada mereka juga ditemukan adanya antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan penderita jerawat berat. Hal ini membuktikan adanya kaitan antara kandungan antioksidan dalam tubuh dengan tingkat keparahan jerawat.

Untuk mengatasi jerawat, antioksidan dapat digunakan baik dalam bentuk krim dan tablet suplemen. Efektivitas tablet antioksian dalam mengatasi jerawat terbukti cukup dapat dipercaya. Anda bisa mencoba tablet antioksidan seperti zink, serta vitamin C dan E.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kaitan antara kandungan antioksidan dalama tubuh dengan jerawat. Meski zat tersebut telah terbukti dapat membantu meredakan peradangan, penanganan jerawat yang komprehensif perlu disesuaikan dengan faktor pemicu.

Penanganan jerawat membandel bisa dibantu dengan penggunaan antioksidan. Namun sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

(DA/ RH)