Seberapa Ampuh Timun untuk Hilangkan Mata Panda?

Oleh dr. Nadia Octavia pada 08 Mei 2017, 19:27 WIB
Katanya timun bisa mengatasi mata panda. Apa benar?
Seberapa Ampuh Timun untuk Hilangkan Mata Panda?

Klikdokter.com, Jakarta Bangun tidur, Anda mendapati mata panda yang hitam menggelantung. Padahal dua jam lagi akan menghadiri acara penting. Aduh, harus bagaimana, ya?

Memang, menghilangkan mata panda agak susah-susah gampang. Tapi konon, menggunakan timun pada mata bisa membantu.

Menurut Australasian College of Dermatologists, irisan timun yang ditempelkan di mata dapat bermanfaat apabila dalam keadaan dingin.

Suhu dingin tersebut dapat mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan di area mata. Namun, efek ini hanya sementara.

Selain itu, area hitam pada mata tidak akan berkurang dengan irisan timun dingin. Tapi, pembengkakan pada mata dapat berkurang dan setidaknya membuat wajah lebih segar.

Jadi, sebetulnya bukan timun yang membuat lingkaran hitam terlihat samar. Melainkan efek dingin dari timun tersebut.

Bila timun yang Anda gunakan disimpan dalam suhu ruang, maka hasilnya sama saja. Tidak akan berefek apa pun pada wajah.

Selain Timun, Ada Cara Lainnya

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi mata panda adalah tidur cukup. Tidur cukup tak hanya dapat mencerahkan area sekitar mata, tapi juga membantu sel-sel kulit untuk beregenerasi.

Hindari juga konsumsi alkohol dan kafein yang berlebih, karena dapat membuat lingkaran hitam mata terlihat lebih jelas. Lebih parah lagi, Anda bisa mengalami dehidrasi ringan.

Untuk tindakan medis, mata panda dapat dihilangkan dengan injeksi filler dan laser.

Injeksi filler dapat membantu apabila mata panda Anda disebabkan oleh berkurangnya lemak di sekitar mata. Sedangkan, tindakan laser dapat membantu mengurangi mata panda yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah.

Selain itu, produk yang mengandung vitamin K juga dapat membantu mengurangi lingkaran hitam mata.

Sekarang tinggal pilih saja, mau dengan cara yang alami – seperti timun – atau tindakan medis? Apa pun itu, semoga mata panda Anda bisa enyah segera dan wajah kembali segar berseri!

[RS/ RH]

Asep SudrajatAsep Sudrajat

Konon Es batu bisa mengatasi kantung mata, bener nggak dok