Kenali, Ini 5 Jenis Sabun Mandi dan Kelebihannya
searchtext customer service

Keunggulan Jenis-Jenis Sabun Mandi

Terdapat beberapa jenis sabun mandi yang dijual bebas di pasaran. Yuk, cari tahu apa saja macam-macam sabun mandi beserta kunggulannya lewat fakta berikut!
Keunggulan Jenis-Jenis Sabun Mandi

Klikdokter.com, Jakarta Jenis sabun mandi yang beredar di pasaran semakin beragam. Dahulu, sabun batangan menjadi satu-satunya pilihan semua orang. Namun, kini, sabun yang dipasarkan bisa berbentuk cair bahkan gel. 

Lantas, apa bedanya jenis sabun mandi tersebut? Apakah hanya sekadar bentuknya saja, atau macam-macam sabun mandi memiliki keunggulannya tersendiri?

Perlu kamu tahu, sabun mandi awalnya diciptakan untuk membersihkan debu, kotoran, keringat, serta tumpukan sel kulit mati. 

Seiring waktu, bentuk sabun berevolusi guna memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Beda bentuk sabun mandi, beda pula manfaat yang diberikan. 

Artikel Lainnya: Ternyata, Mandi Tidak Pakai Sabun Ada Manfaatnya!

Agar lebih jelas, berikut ini macam-macam sabun mandi beserta masing-masing keunggulannya:

1 dari 6

1. Sabun Batangan

Sabun Batangan
loading

Sabun batangan adalah jenis sabun mandi yang paling banyak dikenal masyarakat. Selain harganya murah, jenis sabun ini juga merupakan bentuk yang tergolong paling awal digunakan sehingga lebih dikenal luas.

Sabun batang awalnya hanya terbuat dari bahan sodium hydroxide, yang jika dipakai bisa membuat kulit menjadi kering. Namun, lain dulu, lain sekarang.

Kini ada terdapat berbagai senyawa yang mungkin menjadi bahan dasar sabun batangan, mulai dari senyawa antibakteri, hingga yang sepenuhnya aman untuk kulit bayi.

Artikel Lainnya: Efek Samping Sering Mandi Pakai Sabun Antiseptik

2 dari 6

2. Sabun Cair

loading

Sabun cair dinilai sangat praktis, karena mudah dibawa saat bepergian. Jenis sabun ini juga diyakini lebih higienis, karena bisa dipakai oleh orang yang berbeda tanpa berkontak langsung. 

Sabun cair biasanya memiliki kandungan pelembap, sehingga cocok untuk kulit kering. Ada juga jenis sabun cair yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati, karena memiliki scrub di dalamnya.

Selain itu, sabun cair dapat pula menghasilkan busa yang banyak sehingga membuat pengalaman mandi lebih menyenangkan.

3 dari 6

3. Sabun Gel

Sabun Gel
loading

Bentuknya hampir mirip dengan sabun cair. Hanya saja, sabun gel memiliki tekstur yang lebih kental dan padat menyerupai agar-agar. 

Selain itu, satu tetes sabun gel memiliki kandungan antibakteri yang lebih kuat dibandingkan sabun cair biasa. Aromanya pun lebih wangi. Sabun gel juga lebih banyak menghasilkan busa daripada sabun cair.

Artikel Lainnya: Tips Memilih Sabun Mandi Terbaik

4 dari 6

4. Sabun Krim

loading

Sabun krim relatif jarang dijumpai dipasaran. Meski demikian, bukan berarti jenis sabun ini tidak baik bagi kesehatan, ya! 

Sabun krim memiliki tekstur yang kaya dan lembut. Hal ini membuatnya cocok untuk segala jenis kulit. Jenis sabun ini juga memiliki busa yang tebal dan mampu membersihkan dengan baik. 

Kelebihan dari sabun krim, yaitu teksturnya yang lembut membuat mandi terasa lebih mewah dan nyaman.

5 dari 6

5. Sabun Gliserin

Sabun Gliserin
loading

Gliserin, atau gliserol, berasal dari minyak nabati. Senyawa tersebut ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1779 oleh seorang ahli kimia Swedia yang memanaskan campuran minyak zaitun. Dia mengidentifikasi lemak yang dihasilkan sebagai gliserin.

Sejak saat itu, gliserin digunakan untuk berbagai hal, salah satunya membuat sabun. Proses ini melibatkan pemanasan minyak tumbuhan tertentu dan membiarkan larutan mendingin serta mengeras menjadi bentuk batangan.

Sabun gliserin murni tidak mengandung alkohol, wewangian, atau bahan berbasis kimia lain yang dapat mengiritasi kulit. Hal ini membuat sabun gliserin menjadi pilihan ramah lingkungan dan baik untuk orang dengan kulit sensitif. 

Sabun Gliserin juga bagus untuk menjaga kelembapan kulit dan mampu mencegah kulit kering

Artikel Lainnya: Kapan Anak Boleh Menggunakan Sabun Orang Dewasa?

Mana sabun terbaik? Faktanya, jenis dan bentuk sabun tidak menentukan baik atau tidaknya produk tersebut bagi kesehatan. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tapi, akan lebih baik jika kamu memilih jenis sabun mandi yang punya kandungan untuk membersihkan kotoran, lemak atau minyak dengan efektif. Kamu juga mesti memastikan sabun yang dipilih efektif membunuh kuman dan bakteri berbahaya yang menempel di kulit.

Jadi, memilih sabun mandi yang tepat tidak hanya terbatas pada jenis atau bentuknya saja. Melainkan juga harus memperhatikan bahan aktif yang ada di dalamnya. 

Dengan demikian, kamu bisa merasakan manfaat sabun dalam menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga

Yuk, #JagaSehatmu dengan memilih jenis sabun terbaik untuk kulit. Apabila kesulitan, kamu bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan tenaga medis ahli melalui layanan tanya dokter di LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. Everything You Need to Know About Glycerin Soap

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat