Apa Perbedaan Produk Pemutih dan Pencerah Kulit?

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 18 May 2017, 17:10 WIB
Banyak produk perawatan kulit mengklaim mampu mencerahkan dan memutihkan kulit. Apa bedanya?
Apa Perbedaan Produk Pemutih dan Pencerah Kulit?

Klikdokter.com, Jakarta Kini, ada begitu banyak produk perawatan kulit yang beredar di pasaran. Produk-produk tersebut berlomba-lomba mengklaim mampu mencerahkan dan memutihkan kulit. Padahal produk pemutih dan pencerah wajah memiliki manfaat dan efek samping berbeda.

Tak sedikit wanita Indonesia yang ingin memiliki kulit putih. Padahal, masyarakat Indonesia pada umumnya memiliki warna kulit kuning langsat dan sawo matang. Banyak produk perawatan kulit menjadikan hal ini sebagai peluang untuk meningkatkan penjualan. Produk-produk tersebut mengklaim dapat memutihkan kulit.

Pada dasarnya, pigmen kulit manusia berbeda-beda dan memiliki tingkatan yang bervariasi. Untuk menjadikan kulit lebih putih dari pigmen aslinya, biasanya memerlukan bahan khusus yang cukup berbahaya seperti bahan pemutih.

Penggunaan bahan pemutih tanpa anjuran dan pengawasan dokter dapat berakibat buruk pada kulit. Mulai dari kerusakan ringan hingga memicu kanker kulit.

Sedangkan mengenai produk pencerah kulit, memang ada beberapa beberapa produk yang mengklaim mampu mencerahkan kulit. Produk yang memiliki manfaat mencerahkan kulit berarti produk tersebut membantu mengembalikan warna kulit yang kusam atau gelap menjadi warna kulit asli.

Maksud dari warna kulit asli adalah warna kulit sebelum banyak terpapar sinar matahari dan lingkungan sekitar dan paparan lingkungan lainnya. Pada umumnya, manusia tidak terlahir dengan warna kulit yang dimiliki saat dewasa.

Warna kulit seseorang pada saat kanak-kanak biasanya lebih cerah daripada warna kulit saat dewasa.

Produk dengan manfaat mencerahkan kulit akan berusaha mengembalikan warna kulit menjadi warna kulit asli. Mekanisme yaitu mempercepat pengelupasan sel kulit mati serta mempercepat regenerasi lapisan yang baru.

Kini Anda tahu beda antara produk pemutih dan pencerah kulit. Sebelum menggunakan, pastikan terlebih dahulu bahwa produk perawatan kulit tersebut telah melewati uji klinis.

[BA/ RH]

Putri KhaeraniPutri Khaerani

bagaimana bisa kulit kita putih kak