Jari Nyeri dan Bengkak, Awas Penyakit Ini!

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 29 Mei 2017, 14:54 WIB
Jangan sepelekan jari yang nyeri atau bengkak. Bisa jadi itu tanda awal penyakit gout artritis!
Jari Nyeri dan Bengkak, Awas Penyakit Ini!

Klikdokter.com, Jakarta Tidak semua nyeri dan bengkak pada jari merupakan penyakit gout artritis, atau istilah awamnya rematik akibat asam urat. Namun, bila ternyata terkena gout artritis dan tidak ditangani dengan baik, kesehatan Anda bisa jadi taruhannya.

Sederet komplikasi pun akan menanti. Mulai dari sendi yang rusak permanen, batu ginjal, hingga serangan jantung dan stroke.

Apa itu gout artritis?

Gout artritis merupakan salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa hal.

Contohnya, karena kebanyakan mengonsumsi makanan tinggi purin (seperti jeroan, daging merah, seafood) dan minuman beralkohol. Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh penyandang obesitas hingga gagal ginjal.

Jika asam urat berlebih dan terjadi penumpukan kristal asam urat di sendi, sendi Anda bisa mengalami peradangan. Beberapa tanda dan gejalanya antara lain:

  • Nyeri
  • Bengkak
  • Kemerahan
  • Hangat bila dipegang

Kendati semua sendi dapat terserang, gout artritis umumnya lebih banyak menyerang sendi-sendi jari tangan, kaki, pergelangan kaki, dan lutut. Jadi, jika Anda mengalami bengkak dan nyeri pada sendi-sendi tersebut, waspadalah.

Bagaimana membedakan nyeri sendi akibat gout artritis dengan nyeri sendi biasa?

Tanda dan gejala kedua kondisi tersebut mungkin serupa. Namun, riwayat konsumsi makanan tinggi purin dan adanya gangguan ginjal lah yang menjadi pembeda awalnya.

Selain makanan dan gangguan ginjal, orang dengan obesitas, memiliki riwayat keluarga gout artritis, mengonsumsi obat diuretik, alkoholik berat, dan berjenis kelamin pria juga lebih berisiko terkena gout artritis. Terutama bila mengalami nyeri dan bengkak pada jari-jari kaki dan tangan.

Untuk menentukan diagnosis, dokter akan memeriksa kadar asam urat darah serta, bila diperlukan, pengambilan contoh cairan sendi. Melalui cara tersebut, pengobatan yang tepat dapat segera dilakukan.

Mengenal dan mewaspadai gout artritis wajib dilakukan. Dengan demikian, Anda dapat melindungi diri dari berbagai komplikasi yang mungkin terjadi. Sayangi sendi Anda agar dapat bebas bergerak kini dan nanti.

[RS/ MFW]

Agus HariyantoAgus Hariyanto

selamat sore dokter saya mau nanya udh 3 minggu say