Cara Mudah Mencerahkan Kulit Wajah

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 09 Jun 2017, 11:05 WIB
Kulit wajah putih dan cerah dambaan banyak wanita. Namun, tidak semua produk kecantikan aman untuk digunakan.
Cara Mudah Mencerahkan Kulit Wajah

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki kulit wajah putih dan cerah adalah dambaan banyak wanita. Tak heran jika produk-produk pemutih kulit selalu laris di pasaran. Tapi, tidak semua produk kecantikan aman digunakan. Salah pilih, kulit Anda jadi taruhannya.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki warna kulit yang berbeda. Perbedaan ini disebabkan karena adanya jumlah dan jenis sel pigmen yang berbeda-beda dalam kulit setiap orang.

Berkat kemajuan perkembangan teknologi di dunia kecantikan kulit, telah ditemukan zat yang dapat menghambat produksi sel pigmen tersebut. Ini membuat kulit wajah bisa berubah menjadi satu hingga beberapa tingkat lebih cerah.

Beberapa zat yang dapat menghambat produksi sel pigmen tersebut, terbukti berhasil dapat mencerahkan kulit wajah. Tapi, tidak semuanya pemutih kulit aman untuk digunakan. Salah satunya adalah hidrokuinon.

Meskipun aman dan biasa digunakan sebagai campuran dalam krim dokter, hidrokuionon memiliki efek samping yang cukup serius jika tidak digunakan dengan cara dan dosis yang tepat.

Karena itu, produk kecantikan yang dijual bebas dilarang untuk memasukkan hidrokuinon ke dalamnya. Hidrokuinon hanya terbatas untuk obat dokter yang dapat dibeli dengan resep.

Tapi, meski Anda tidak bisa menggunakan hidrokuinon, ada zat yang lebih aman dan bersahabat digunakan sehari-hari untuk mencerahkan kulit wajah. Zat ini tidak harus menggunakan resep dokter.

Zat tersebut yakni glutation, vitamin C, kolagen, dan hidroksitirosol yang berasal dari buah zaitun. Rata-rata zat itu dapat diperoleh dalam produk yang dioles seperti krim, diminum dalam bentuk suplemen, atau disuntik.

Dalam bentuk oles, zat tersebut kurang stabil. Bentuk yang diminum dan disuntik sebenarnya lebih stabil dan efektif.
Namun, obat suntikan hanya dapat diperoleh dengan resep dokter, lebih invasif, dan harus dilakukan oleh dokter. Hal inilah yang membuat banyak orang menganggapnya kurang praktis. Akibatnya banyak orang beralih ke bentuk suplemen yang dianggap lebih praktis dan efektif untuk mencerahkan kulit.

Jadi, pilihlah produk pemutih yang aman bagi kesehatan kulit wajah Anda. Siap menentukan pilihan Anda?

(DA/ RH)

Ira RadiraIra Radira

biasanya obat apa yang ampuh?