Bekal yang Sehat untuk Anak Alergi

Oleh dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A pada 31 Jul 2017, 16:49 WIB
Anak yang alergi makanan, tentu tak bisa sembarangan mengonsumsi makanan. Seperti apa bekal yang sehat dan aman untuk anak alergi?
Bekal yang Sehat untuk Anak Alergi

Klikdokter.com, Jakarta Bagi anak dengan alergi makanan, makan merupakan aktivitas yang harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Agar anak lebih aman dalam mengonsumsi makanan, orang tua sebaiknya selalu menyiapkan bekal sehat dari rumah.

Berikut ini kiat menyajikan makanan sehat untuk anak alergi:

  1. Komposisi lengkapBerikanlah bekal yang mengandung komposisi lengkap. Ini meliputi biji-bijian, buah dan sayur, serta ikan atau daging. Tentunya, alergen yang telah diketahui harus dihindari. Dengan komposisi berimbang, anak akan mendapatkan asupan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang cukup.
  2. Minumlah cairan dalam jumlah cukupIni penting untuk mencegah dehidrasi. Jus buah atau yogurt juga dapat menjadi alternatif, apabila anak memiliki kesulitan untuk banyak meminum air putih. Pastikan anak tidak alergi dengan kandungan jus atau yogurt yang Anda sajikan.
  3. Kreatif dalam menghidangkan masakanApabila anak memiliki banyak alergen, maka orang tua harus kreatif dalam menghidangkan masakan. Berbagai cara mengolah makanan seperti memanggang, menumis, menggoreng, dan sebagainya perlu dilakukan secara bergantian agar anak tak jenuh.
  4. Pastikan rasa makanan tetap lezatApabila kelezatan makanan berkurang, anak tentu akan lebih tergoda mencicipi makanan lain. Saat anak memakan bekal teman atau membeli jajanan di sekolah, maka risiko terjadinya alergi akan timbul kembali.

Selain menyiapkan bekal dengan kiat di atas, orang tua dapat menerapkan beberapa trik lain. Salah satunya adalah dengan mengajak anak menyiapkan menu bekalnya. Hal ini akan meningkatkan ketertarikan anak pada bekalnya dan mengurangi kemungkinan anak membeli makanan lain di luar rumah.

Sebagai orang tua, Anda dapat melindungi anak dari alergen dengan menyiapkan bekal sehat. Pastikan komponen biji-bijian, daging, serta buah dan sayur ada dalam bekal tersebut. Anda bisa berkreasi dalam menyiapkan bekal yang sehat, lezat, dan memiliki tampilan menarik. Hal ini tentu akan membuat anak senang dan mengurangi risikonya berkontak dengan alergen dari makanan yang didapat di luar rumah.

[BA/ RH]