Chia Seed, Sumber Alternatif Omega-3 untuk Vegetarian

Oleh KlikDokter pada 09 Nov 2017, 10:46 WIB
Anda vegetarian? Konsumsi chia seed dapat menjadi pengganti omega-3 hewani, lho!
Chia Seed, Sumber Alternatif Omega-3 untuk Vegetarian

Klikdokter.com, Jakarta Terkadang para vegetarian merasa terbatas dengan pilihan makanannya. Namun, sebenarnya ada banyak alternatif yang tersaji di alam. Misalnya, chia seed sebagai omega-3 nabati yang menggantikan omega-3 hewani (ikan, telur, dll).

Mengapa omega-3 sangat pentini sendiri oleh tubuh Anda. Berbagai studi menunjukkan, omega-3 dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah demensia, bahkan kanker. Meski demikian, ada beberapa manfaat yang membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Di samping itu, tubuh memerlukan omega-3 sebagai salah satu komponen yang bekerja untuk membantu menurunkan kolesterol total. Ingat, kan, kalau kolesterol tinggi merupakan faktor pemicu penyakit kardiovaskular?

Para vegetarian sering kali bingung dari mana harus mendapatkan asupan omega-3. Banyak yang mengira bahwa omega-3 hanya dihasilkan dari hewani, padahal tidak. Omega-3 juga tersimpan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, termasuk chia seed.

Selain menurunkan kolesterol, chia seed diketahui dapat menghentikan aktivitas radikal bebas sehingga mempercepat perbaikan kulit dan mencegah penuaan dini. Menilik sejarahnya, chia seed ini juga merupakan pangan tradisional suku Maya dan Aztek.

Anda dapat memperoleh manfaat chia seed tersebut dari H2 Health & Happiness Chia Seed. Selain organik, produk ini juga bebas gluten, ramah untuk penderita alergi seafood, serta tidak memiliki aditif dan tanpa pengawet. Selain itu, produk ini juga cocok ditambahkan pada makanan dan minuman, seperti ditaburkan pada hidangan bersayur, nasi, serealia, dan yoghurt.

Walau begitu, sebaiknya konsultasikan pada dokter gizi dahulu untuk mengetahui berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan sehari-hari.

Selain itu, karena para vegetarian tidak mengonsumsi protein hewani, mereka jadi rentan kekurangan hemoglobin. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan medis sebanyak 1–2 kali dalam setahun.

Bagaimana? Untuk para vegetarian, tak perlu bingung lagi dengan sumber asupan omega-3 Anda, ya. Karena alam juga menyediakan omega-3 dari biji-bijian, salah satunya adalah chia seed.

[RS/ RH]