Sakit Kepala Saat Bekerja? Mungkin Anda Butuh Liburan

Oleh dr. Rio Aditya pada 08 Des 2017, 16:39 WIB
Terlalu banyak bekerja bisa membuat stres, kepala menjadi penat dan akhirnya muncul sakit kepala. Jangan sepelekan.
Sakit Kepala Saat Bekerja? Mungkin Anda Butuh Liburan

Klikdokter.com, Jakarta Bekerja dengan giat untuk memenuhi kebutuhan hidup, menafkahi keluarga, mengejar karier, dan juga menabung sangat penting.  Namun sayangnya, hal ini terkadang membuat Anda lupa bahwa bekerja berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Salah satu akibatnya, hadirnya serangan sakit kepala.

Bekerja berlebihan dapat membuat Anda menjadi stres yang nantinya akan membuat Anda menjadi mudah sakit, produktivitas menurun, dan kemungkinan untuk membuat kesalahan di dalam pekerjaan menjadi lebih tinggi. Tentunya hal ini akan kembali lagi membuat Anda semakin tertekan.

Selain itu, jam bekerja ternyata sangat berpengaruh terhadap timbulnya sakit kepala. Suatu penelitian yang dilakukan di Jepang mendapatkan bahwa orang yang bekerja melebihi 55 jam per minggu lebih mudah mengalami berbagai jenis sakit kepala.

Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang memiliki jam kerja 35–45 jam dalam seminggu.

Terdapat hal menarik lainnya dalam penelitian ini.  Ternyata, orang yang memiliki aktivitas fisik yang tinggi seperti olahraga, walaupun bekerja lebih dari 55 jam per minggunya, kemungkinan untuk mengalami sakit kepala menjadi jauh berkurang.

Ya, terlalu fokus bekerja bisa membuat Anda melewatkan hal penting seperti liburan atau rekreasi. Padahal, agar memberikan performa yang baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari, Anda membutuhkan jeda dari segala aktivitas tersebut.

Liburan akan menyegarkan jiwa dan juga tubuh Anda. Dengan stres yang tertumpuk selama bekerja, jeda dalam bentuk liburan akan melepaskan stres yang Anda rasakan.

Apabila belum sempat mengagendakan liburan, Anda bisa melakukannya di rumah dengan mendapatkan jam tidur yang cukup, yaitu minimal 7 jam tanpa gangguan. Perhatikan juga konsumsi makanan yang bergizi tinggi dan berolahraga selama minimal 30 menit.

Anda pun dapat melakukan meditasi. Sambil menenangkan pikiran, bayangkanlah Anda sedang liburan ke destinasi impian. Usahakan agar tubuh dan pikiran Anda bisa relaks.

Ingat, bekerja berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala karena tekanan yang datang bertubi-tubi. Jadi, pastikan Anda memasukkan liburan ke dalam agenda Anda bulan ini. Tak harus pergi jauh, liburan juga dapat Anda lakukan di taman atau objek wisata yang dekat dari rumah.

[NP/ RH]

Chariza EverlyChariza Everly

malam dok saya mau tanya kenapa ya setiap saya stres selalu sakit kepalany apa yang harus saya lakukan untuk pencegahany