Kapan Boleh Makan Usai Operasi Caesar?

Oleh dr. Grace Valentine pada 11 Des 2017, 14:52 WIB
Operasi caesar yang dilakukan dengan metode pembedahan membutuhkan perhatian khusus, termasuk kapan waktu yang tepat untuk makan.
Kapan Boleh Makan Usai Operasi Caesar? (Monkey Business/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Operasi caesar dilakukan untuk membantu proses persalinan bayi melalui sayatan di perut dan rahim. Operasi ini sering dikenal dengan seksio sesaria. Anda yang melahirkan dengan operasi caesar akan mengalami proses pemulihan yang lebih lama ketimbang melahirkan secara normal.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan terkait dengan proses pemulihan operasi caesar. Salah satu hal yang banyak ditanyakan adalah kapan diperbolehkan makan usai operasi?

Prosedur operasi cesar

Sebelum operasi dimulai, akan ada infus yang dipasang sebagai jalur memasukkan cairan dan obat selama operasi. Setelah itu, Anda akan dibius anestesi spinal atau epidural.

Pembiusan yang lebih dikenal dengan pembiusan setengah badan akan membantu Anda agar tidak merasakan nyeri dari perut hingga kedua tungkai.  Pembiusan umum hanya dilakukan pada kasus tertentu yang dinilai gawat darurat.

Setelah pembiusan dilakukan, dokter akan melakukan sayatan perut bawah, di dekat tulang kemaluan untuk mengeluarkan bayi. Setelah bayi lahir, plasenta akan dikeluarkan melalui sayatan yang sama. Selanjutnya, dokter akan melakukan penjahitan untuk menutup sayatan tadi.

Kapan boleh makan usai operasi Caesar?

Saat melakukan operasi caesar, sebelum operasi dilakukan Anda disarankan melakukan puasa makanan padat selama 6 jam dan puasa minuman cair (air putih atau teh) selama 2 jam sebelum operasi. Hal ini ditujukan untuk mengurangi risiko mual dan risiko Anda muntah selama operasi.

Pasca operasi, tentunya Anda akan merasa lapar. Pasien yang menjalani pembiusan spinal atau epidural selama operasi diperbolehkan minum clear fluid (air putih atau teh) 2 jam pasca operasi selesai. Bila tidak ada keluhan mual atau muntah, pasien dapat langsung mengonsumsi makanan padat.

Namun pada kasus tertentu saat dilakukan pembiusan umum selama operasi caesar, pasien baru diizinkan minum dan makan setelah pasien dapat buang angin atau flatus. Hal ini disesuaikan dengan efek obat bius terhadap kerja saluran cerna.

Demikianlah informasi seputar kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk makan setelah menjalani operasi caesar. Untuk penanganan tepat, konsultasikan dengan dokter kandungan Anda sebelum melakukan operasi.

[NP/ RH]

mar5hafmar5haf

maaf ya saya beri masukan. pada pasien yg diberikan general anestesi tidak perlu menunggu flatus. bila sudah ada peristaltik usus yg didengar dengan stetoskop, ibu sudah boleh makan. bahkan setelah 8 jam walaupun peristaltik masih lemah pasien dianjurkan minum dan makan sedikit demi sedikit untuk merangsang aktivitas usus. dahulu memang menunggu pasien buang angin karena dahulu pembiusan menggunakan eter yang memang menyebabkan relaksasi usus. tapi obat anestesi skg jauh lebih baik.