Mengenali Tanda-tanda Persalinan Lebih Awal

Oleh dr. Grace Valentine pada 11 Des 2017, 15:07 WIB
Masa kehamilan penuh dengan kebahagiaan dan antisipasi, terutama ketika masa persalinan tiba. Cek tanda-tandanya di bawah ini.
Mengenali Tanda-tanda Persalinan Lebih Awal (Tomsickova / SHutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Mendekati akhir kehamilan menjadi masa yang cukup menegangkan dan penuh antisipasi bagi ibu hamil yang belum pernah menjalani persalinan. Banyak ibu hamil yang ingin mengetahui kapan kontraksi asli terjadi, berapa lama persalinan akan berlangsung, hingga bagaimana dapat mengetahui saat persalinan telah tiba.

Apakah yang terjadi selama proses persalinan?

Selama proses persalinan, serviks (mulut rahim) akan membuka secara bertahap. Rahim yang terdiri dari otot, akan berkontraksi dengan interval yang teratur. Ketika rahim berkontraksi, perut akan terasa kencang.

Di antara kontraksi, rahim akan mengalami relaksasi dan terasa lunak. Saat waktu persalinan akan tiba, biasanya bayi akan terus bergerak. Hal ini terjadi hingga akhir proses persalinan.

Waktu persalinan yang akurat sebenarnya tidak dapat diprediksi dengan tepat. Umumnya, persalinan terjadi pada usia kehamilan 37–40 minggu.

Namun, meskipun tubuh ibu hamil mengalami perubahan sejak 1 bulan sebelum persalinan dan tanda awal persalinan telah muncul, proses persalinan dapat berjalan beberapa hari hingga minggu kemudian.

Agar dapat mengetahui waktu yang pasti kapan persalinan sudah siap dilakukan, beberapa tanda awal persalinan yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  • Janin terasa telah turun ke bawah

Kondisi ini biasa disebut dengan istilah Lightening. Pada fase ini kepala janin sudah masuk ke dalam panggul. Fase ini terjadi selama beberapa minggu hingga beberapa jam sebelum persalinan.

  • Keluar lendir darah dari kemaluan

Adanya lendir yang keluar atau juga disebut bloody show, ditandai dengan munculnya plak mukus kental yang menyumbat serviks selama kehamilan. Lendir keluar saat beberapa hari sebelum persalinan hingga saat persalinan tiba akibat dari serviks yang mulai membuka.

  • Kontraksi rahim yang teratur dan semakin sering terjadi

Saat waktu persalinan telah tiba, yang akan terjadi adalah dirasakannya kontraksi asli atau disebut His. Kontraksi ini umumnya teratur, semakin sering terjadi dan dalam interval yang semakin lama. Kontraksi ini yang akan menyebabkan pembukaan serviks.

  • Ketuban pecah

Selain timbul kontraksi, penanda waktu persalinan telah tiba adalah selaput ketuban yang melindungi janin pecah, sehingga air ketuban mengalir melalui vagina. Cairan ketuban ini dapat mengalir sedikit demi sedikit atau pecah dalam jumlah banyak.

Sebagian besar ibu hamil mengalami kontraksi teratur terlebih dahulu sebelum ketuban pecah. Namun pada beberapa kasus, ketuban dapat pecah terlebih dahulu sebelum kontraksi terjadi.

1 of 2

Membedakan kontraksi asli dengan kontraksi palsu

Lalu, untuk membedakan kontraksi asli dengan kontraksi palsu (braxton hicks), Anda perlu memerhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Waktu kontraksi

Kontraksi palsu terjadi secara tidak teratur dan dengan interval yang jarang terjadi. Sebaliknya, kontraksi asli terjadi secara teratur dan semakin sering dalam interval. Tiap kontraksi dapat berlangsung selama 30–70 detik.

  • Perubahan saat janin beristirahat

Kontraksi palsu akan menghilang ketika janin beristirahat atau berubah posisi. Sedangkan, kontraksi sesungguhnya akan terus berjalan, tidak dipengaruhi oleh istirahat ataupun posisi.

  • Kekuatan kontraksi

Pada umumnya, kontraksi palsu semakin lama akan terasa semakin melemah. Padahal, seharusnya kontraksi justru semakin lama semakin kuat.

  • Nyeri saat kontraksi

Ketika kontraksi terasa di bagian perut depan saja, maka hal tersebut hanyalah kontraksi palsu. Kontraksi sesungguhnya akan dirasakan mulai dari pinggang dan menjalar hingga ke depan.

Saat hamil dan mengalami tanda-tanda persalinan seperti di atas, Anda disarankan agar segera menghubungi dokter atau bidan. Terlebih lagi, bila terasa gerakan janin yang kurang aktif dari biasanya, tandanya Anda membutuhkan penanganan ahli agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.

[NP/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓
Ubay RamsexUbay Ramsex

saya hamil 7 bln tp kok janin nya sudah terasa ada di bawah ya soalnya klo bergerak tersa ingin kencing