Awas, Makanan Khas Luar Negeri Ini Bikin Alergi si Kecil Kambuh

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 03 Jan 2018, 12:18 WIB
Ada beberapa makanan khas luar negeri yang bisa bikin alergi si Kecil kambuh. Apa saja makanan itu?
Awas, Makanan Khas Luar Negeri Ini Bikin Alergi si Kecil Kambuh  (Peeraporn kwanprom/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Musim liburan sudah tiba dan sebagian besar keluarga mungkin sudah merencanakan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Berlibur ke luar negeri mungkin menjadi pilihan Bunda. Tapi, bila ingin ke luar negeri bersama si Kecil yang punya alergi, Bunda perlu hati-hati.

Sebelum berangkat, Bunda perlu mengenali jenis makanan khas negara tujuan yang berpotensi membuat alergi si Kecil kambuh. Berikut ini beberapa makanan khas luar negeri yang perlu Bunda waspadai:

  1. Sushi dari Jepang

Bila si Kecil punya alergi terhadap makanan laut, Bunda perlu berhati-hati ketika memberikan salah satu makanan khas Jepang, yaitu sushi. Pasalnya, sebagian besar bahan untuk membuat sushi adalah produk hasil laut, seperti tuna dan salmon.

  1. Lasagna dari Italia

Cukup banyak makanan khas Italia yang sudah mendunia. Bila si Kecil memiliki kondisi intoleransi laktosa atau alergi susu, makanan khas Italia seperti piza dan lasagna yang mengandung kandungan keju melimpah (yang mana keju merupakan salah satu produk olahan susu) harus diwaspadai, karena dapat menimbulkan gejala alergi bagi si Kecil. 

  1. Bibimbap dari Korea Selatan

Makanan khas Korea Selatan mulai memiliki banyak penggemar. Bibimbap adalah salah satu yang cukup ternama, bahkan di kalangan masyarakat Indonesia. Bibimbap berupa semangkuk nasi putih dengan lauk (seperti daging dan telur), sayuran, serta saus gochujang. Si Kecil yang alergi terhadap telur sebaiknya menghindari makanan yang satu ini.

  1. Tom yam dari Thailand

Negeri Seribu Pagoda ini memiliki beragam kuliner dan jajanan (street food) unik yang digemari wisatawan, salah satunya adalah tom yam. Tom yam adalah sup khas Thailand yang umumnya terbuat dari bahan dasar udang dan campuran sayuran. Bunda sebaiknya mencari makanan alternatif bila si Kecil alergi terhadap udang.

  1. Kebab dari Turki

Turki menawarkan sejumlah tempat wisata dan makanan khas yang menarik, salah satunya adalah kebab. Kebab adalah daging bakar yang disajikan dengan sayuran dan campuran yogurt atau mayones. Bunda perlu waspada sebelum memberikan kebab kepada si Kecil yang alergi terhadap telur dan susu.

Alergi tidak seharusnya menjadi hambatan untuk berlibur. Dengan mengenali berbagai jenis makanan khas luar negeri terlebih dahulu, Bunda tetap bisa menikmati liburan dengan si Kecil yang alergi.

[BA/ RH]

Aeni KhafaAeni Khafa

Dok anak saya Kali digigit Nyamuk kaki y langsung merah bengkak terus gatal "iTu knpa y dok