5 Kiat Sukses Turunkan Berat Badan Tanpa Efek Yo-Yo

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 10 Jan 2018, 11:41 WIB
Berat badan sudah turun tetapi mudah kembali naik lagi? Ketahui kiat sukses mempertahankan berat badan ideal di sini.
5 Kiat Sukses Turunkan Berat Badan  Tanpa Efek Yo-Yo (Karen Roach/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Banyak metode untuk menurunkan berat badan tetapi tidak banyak yang tahu bagaimana mempertahankan berat badan tersebut. Menjaga berat badan tetap ideal sering kali lebih sulit dibandingkan menyusutkan berat badan.

Faktanya, dari mereka yang menjalankan program diet, hanya 20% yang berhasil mempertahankan berat badan ideal dalam jangka waktu lama. Selebihnya sering kali mengalami kenaikan berat badan kembali setelah program diet atau yang disebut efek yo-yo.

Untuk mencegah efek yo-yo ini terjadi, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan, yaitu:

1.    Pola makan rendah kalori, tinggi protein, dan tinggi serat

Mengonsumsi protein dan serat dapat mengurangi nafsu makan berlebih dan memberi efek kenyang. Hal ini akan mencegah Anda mengonsumsi makanan secara berlebihan. Selain itu, protein juga tetap dapat menjadi sumber energi bagi Anda.

2.    Tidak melewatkan sarapan

Sarapan adalah waktu makan yang penting dalam sehari. Orang yang rutin sarapan sehat cenderung memiliki pola makan yang sehat pula sepanjang hari. Sebuah penelitian menyebutkan, orang yang rutin sarapan dapat mempertahankan penurunan berat badannya hingga satu tahun. Yuk, awali hari dengan sarapan sehat yang tinggi serat.

3.    Rutin memeriksa berat badan

Bila Anda memiliki timbangan berat badan pribadi, timbanglah berat badan Anda setiap hari. Namun bila tidak tersedia, Anda dapat pergi ke fasilitas kesehatan untuk menimbang berat badan. Jangan takut melihat angka timbangan. Timbanglah berat badan setidaknya satu kali seminggu. Hal ini dapat membuat Anda lebih waspada terhadap setiap kenaikan berat badan.

4.    Menjaga pola makan sehat setiap hari

Hal yang tidak kalah penting adalah memelihara pola makan sehat setiap hari, termasuk saat liburan. Akhir pekan atau momen liburan sering kali menjadi alasan pembenaran untuk mulai makan makanan yang tidak sehat. Usahakan untuk konsisten dengan pola makan yang telah Anda terapkan sebelumnya.

5.    Aktivitas fisik rutin

Melakukan aktivitas fisik rutin penting untuk membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Kedua hal tersebut penting untuk mempertahankan berat badan dan menjaga agar tubuh tetap sehat. Frekuensi olahraga yang disarankan adalah 5 kali dalam seminggu selama 30 menit.

Dengan menerapkan cara-cara tersebut, berat badan ideal Anda diharapkan akan selalu terjaga. Anda pun bisa katakan selamat tinggal pada efek yo-yo! 

[RS/ RH]

killakilla

apakah saya bisa menurunkan berat badan saya dok? saya sudah berkali" coba tidak berhasil apapun itu sudah saya konsumsi.

ikha1ikha1

kalau tinggi 59 berat badan idealnya berapa ya

emilsampenoemilsampeno

Lada Hitam juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan seperti sumber yang telah saya baca berikut https://akurat.co/gayahidup/id-274391-read-bukan-hanya-untuk-taburan-masakan-lada-hitam-juga-bisa-menjadi-minuman-sehat

Lihat Lainnya