Bawa Benda Ini Saat Liburan Bersama si Kecil yang Alergi

Oleh KlikDokter pada 10 Jan 2018, 13:58 WIB
Musim liburan telah tiba. Namun, apabila Si Kecil memiliki alergi, apa saja yang harus dipersiapkan secara khusus?
Bawa Benda Ini Saat Liburan Bersama si Kecil yang Alergi (Billion photos/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Liburan bersama adalah salah satu kegiatan keluarga yang paling dinanti. Berbagai destinasi wisata tersedia dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi, hingga wisata belanja, baik di dalam maupun di luar negeri.

Bepergian bersama si Kecil, apalagi ketika ia memiliki alergi, pasti membuat Bunda memendam rasa khawatir dan bertanya-tanya: “Apakah ada hal-hal khusus yang harus dibawa?”

Si Kecil yang menderita alergi dapat mengalami reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap bahan-bahan tertentu yang disebut alergen. Alergen dapat berupa makanan, bahan yang dihirup, kontak kulit, hingga injeksi.

Gejala alergi bisa saja ringan, seperti ruam yang gatal dan bersin-bersin. Namun, kadang gejala yang lebih berat seperti penurunan kesadaran, sesak napas, dan menurunnya tekanan darah dapat membahayakan.  

Sebelum berangkat liburan, sebaiknya Ayah dan Bunda berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi si Kecil. Kemudian lakukan riset mendalam terlebih tentang lokasi yang akan dituju. Pertimbangkan pula jenis makanan seperti apa yang tersedia dan biasanya disajikan di area liburan, apakah mengandung alergen tertentu atau tidak.

Sebagai langkah preventif yang dapat Bunda lakukan dari rumah, salah satunya adalah memastikan asupan nutrisi si Kecil. Misalnya jika si Kecil positif menderita alergi laktosa, Bunda bisa beralih ke susu soya. Selain lebih aman, susu soya kaya akan vitamin B1, B2, B6, dan provitamin A, serta mengandung aneka mineral seperti Kalsium, Magnesium, Selenium, Fosfor, juga sebagai sumber karbohidrat, protein dan lemak.

Morinaga sendiri memiliki rangkaian produk Solusi Total Alergi. Untuk si Kecil yang memiliki indikasi intoleransi terhadap laktosa, susu sapi dan menderita galaktosemia (kondisi yang mencegah Si Kecil mencerna galaktosa, gula sederhana yang ditemukan dalam produk susu), tersedia Morinaga Chil Kid Soya Moricare+ Tahap 3 (1–3 tahun), dan Morinaga Chil School Soya Moricare+ Tahap 4 (3–12 tahun).

Berbahan isolat protein kedelai, semua produk unggulan di atas diolah tanpa penambahan laktosa untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada Si Kecil. Berikan Morinaga Soya kepada Si Kecil yang merupakan sinergi dari nutrisi untuk kecerdasan multitalenta dan pertahanan tubuh ganda.

Dengan demikian, si Kecil dengan bakat alergi atau yang terkena alergi susu sapi bisa tetap tumbuh dan berkembang secara optimal. Karena itu, siapkan Morinaga Soya untuk menemani perjalanan si Kecil berlibur!

Beberapa hal ini juga harus Bunda persiapkan untuk kelangsungan liburan bebas khawatir saat membawa si Kecil yang punya alergi:

1. Penanda alergi

Bawalah selalu gelang atau kalung yang memuat informasi mengenai alergi yang diderita si Kecil.

2. Kotak pertolongan pertama

Kotak atau tas berisi obat-obatan seperti antihistamin, dekongestan, obat tetes mata, dan krim kulit yang selalu siap bila diperlukan.

3. Epinefrin

Apabila anak pernah mengalami reaksi alergi berat atau anafilaksis, maka epinefrin yang dapat diresepkan oleh dokter harus selalu ada untuk situasi darurat.

4. Bantal

Bawalah bantal atau alas tidur yang bebas tungau debu apabila anak menderita alergi terhadap paparan tungau debu.

Ada baiknya Ayah dan Bunda juga memastikan bahwa kamar atau kendaraan yang akan digunakan oleh anak bebas asap rokok. Hal tersebut akan membantu mengurangi risiko terpicunya reaksi alergi. Selain itu, membawa makanan yang dipersiapkan sendiri juga akan lebih aman bagi anak.

Liburan bersama si Kecil dengan alergi memang membutuhkan perhatian serba ekstra. Namun jika semua persiapan dialakukan secara matang dan saksama, liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi Ayah, Bunda, dan si Kecil adalah sebuah jaminan!

(RN/ RH)