Pilihan Superfood untuk si Kecil 6 Bulan ke Atas

Oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons pada 15 Mei 2018, 16:31 WIB
MPASI sudah bisa diberikan kepadasi Kecil 6 bulan ke atas. Berikut pilihan superfood untuknya.
Pilihan Superfood untuk si Kecil 6 Bulan ke Atas (Africa Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Di usia 6 bulan ke atas, si Kecil tentunya sudah diperkenalkan dengan MPASI. Bunda pun bersemangat menyiapkan berbagai jenis makanan kepadanya, mulai dari sayur, buah, nasi, dan sebagainya. Nah, pada tahap ini, Bunda dapat memberikan superfood untuk memastikan si Kecil mendapatkan makanan bernutrisi.

Superfood adalah jenis makanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Mengonsumsi superfood, walau hanya dalam jumlah sedikit, sangat bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Namun, pemilihan superfoodjuga tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan usia si Kecil.

Berikut ini contoh superfood yang dapat diberikan kepada si Kecil 6 bulan ke atas:

1. Sayuran

Sayuran memang sangat kaya akan nutrisi. Tapi sayang, banyak anak yang tidak menyukai sayuran sehingga penting untuk mengenalkannya sebagai MPASI pertama. Berikut berbagai pilihan superfood sayuran:

· Wortel

Wortel terkenal kaya akan beta-karoten, pigmen yang mengubah vitamin A dalam tubuh. Makin tua dan gelap warna wortel, maka makin banyak mengandung beta-karoten.Mengonsumsi wortel berguna untuk kesehatan mata. Rasa manisnya yang alami dan teksturnya yang renyah juga cenderung disukai si Kecil.

· Labu madu

Selain kaya akan beta-karoten, nilai plus dari labu madu adalah si Kecil mudah mencerna sayuran ini dan jarang menyebabkan alergi.

· Kentang

Kentang kaya akan vitamin C dan juga merupakan sumber potasium. Kentang dapat dicampur dengan banyak sayuran lain.

· Ubi

Ubi yang dagingnya berwarna kejinggaan maupun yang putih sama-sama mengandung banyak nutrisi. Keduanya merupakan sumber potasium, vitamin C, dan serat yang baik. Ubi kejinggaan juga menyimpan banyak beta-karoten.

· Lobak

Lobak adalah sumber yang baik akan pati dan serat. Sayuran ini juga kaya akan vitamin C dan E, sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuh si Kecil.

· Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C, beta-karoten, asam folat, besi, potasium, dan fitonutrienantikanker. Sayuran ini paling baik dikukus, karena jika direbus airnya akan mengambil vitamin C di dalamnya. Untuk menambah rasa, Bunda dapat mengombinasikan dengan ubi manis atau labu madu.

· Zucchini

Zucchini juga merupakan sumber beta-karoten yang baik. Kulitnya mengandung banyak nutrisi, jadi jangan dikupas ketika disajikan, ya.

2. Buah

Buah merupakan makanan yang hampir disukai siapa saja karena kebanyakan memiliki rasa manis yang alami. Buah juga superfood yang baik untuk si Kecil, sehingga cocok dikenalkan pada awal MPASI. Berikut contoh buah yang dikategorikan sebagai superfood:

· Pisang

Pisang merupakan buah yang rendah indeks glikemik. Artinya, gula dari pisang akan dilepaskan secara perlahan sehingga dapat menjadi sumber energi untuk waktu yang cukup lama.

· Stroberi

Stroberi merupakan buah yang paling cantik dan enak. Stroberi kaya akan vitamin C, magnesium, dan serat. Buah yang kaya akan antioksidan ini dapat meningkatkan sistem imun serta baik untuk kesehatan mata.

· Apel

Apel yang di-puree sangat mudah dicerna oleh si Kecil. Buah ini mengandung pektin, yaitu serat yang larut air sehingga dapat membantu mencegah konstipasi.

· Persik

Persik sangat kaya akan vitamin C. Buah ini juga lembut sehingga mudah dicerna si Kecil.

· Pepaya

Di samping kaya akan vitamin C dan beta-karoten, pepaya juga mengandung serat yang larut air sehingga dapat membantu sistem defekasi (buang air besar). Enzim pada pepaya juga membantu sistem pencernaan.

· Aprikot

Di balik kemungilannya, aprikot mengandung banyak zat gizi, mulai dari beta-karoten, serat, zat besi, dan potasium.

· Melon jingga

Melon jenis ini sangat bergizi di kelasnya. Si Kecil dapat memperoleh vitamin C dan beta-karoten dari melon jingga. Rasanya juga sangat manis sehingga mudah disukai si Kecil.

· Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin C dan beta-karoten. Pigmen antosianin dari kulit blueberry terkenal sebagai antikanker. Tak heran, blueberry adalah buah dengan antioksidan tertinggi dari semua buah.

3. Baby rice

Baby rice adalah serealia pertama yang baik diperkenalkan kepada si Kecil. Alasannya karena tidak mengandung gluten, protein yang dapat ditemukan pada gandum yang dapat menyebabkan alergi. Selain itu, babyrice mudah dicerna dan memiliki rasa seperti susu, serta dapat dikombinasikan dengan pure buah.

4. Daging merah

Daging merah tentunya tinggi protein dan merupakan sumber zat besi terbaik. Apalagi zat besi dari ASI Bunda pada si Kecil diatas 6 bulan sudah berkurang.Oleh karena itu,si Kecil diatas 6 bulan sudah harus diberikan makanan yang kaya zat besi.

Salah satu cara untuk membuat si Kecil senang makan buah adalah dengan membuat puree buah. Selain dengan membuatnya sendiri, puree buah superfood juga sudah ada dalam bentuk kemasan. Makanan tersebut harganya terjangkau dan sangat mudah didapat di sekitar Bunda. Yuk, mulai berikan makanan superfood untuk si Kecil!

[RS/ RH]