Menu Sahur yang Tepat untuk Kehamilan Trimester 1

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 21 May 2018, 15:18 WIB
Sedang hamil dan ingin berpuasa? Pastikan menu sahur Anda bergizi seimbang supaya tetap kuat dan sehat.
Menu Sahur yang Tepat untuk Kehamilan Trimester 1 (Anatoy Tiplyashin/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sebenarnya, menurut ajaran Islam ibu hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Walau demikian, sebagian ibu hamil kadang tetap ingin berpuasa dengan berbagai alasan. Misalnya, karena tidak ingin melewatkan momen puasa pada bulan Ramadan, atau merasa kesulitan jika harus mengganti puasa pada bulan-bulan lain.

Agar dapat menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan, nutrisi ibu hamil harus dipenuhi dengan baik. Salah satunya dengan memilih menu sahur yang bergizi seimbang. Ingin tahu apa saja menu sahur yang tepat untuk kehamilan trimester 1? Simak ulasan di bawah ini.

Nutrisi selama kehamilan trimester 1

Selama trimester pertama, tantangan yang sering dihadapi adalah mual dan muntah, bahkan beberapa ibu hamil dapat mengalami hiperemesis (muntah berlebihan). Mual dan muntah selama kehamilan trimester pertama disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi.

Ibu hamil dengan kondisi mual muntah hebat tidak dianjurkan untuk berpuasa karena dikhawatirkan asupan makanan dan cairan akan berkurang. Dehidrasi tidak boleh disepelekan karena dapat membahayakan kehamilan. Puasa dapat dilakukan pada ibu hamil trimester pertama yang tidak mengalami mual-muntah hebat atau sudah melewati masa-masa tersebut.

Asupan nutrisi sangat penting selama kehamilan. Tanpa nutrisi yang cukup, pertumbuhan janin akan terhambat dan berisiko menimbulkan masalah pada janin nantinya. Baik makronutrien (karbohidrat, lemak, dan protein) serta mikronutrien (vitamin dan mineral) harus dipenuhi untuk menunjang pertumbuhan janin dalam rahim ibu.

Selain kalori yang cukup, bentuk vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, dan kalsium tak boleh ketinggalan. Kekurangan tiga zat penting ini sangat berbahaya untuk kehamilan. Karena itu, jika Anda ingin berpuasa selama hamil trimester 1, pastikan kebutuhan kalori dan beberapa mikronutrien esensial tersebut terpenuhi.

Menu sahur untuk kehamilan trimester 1

Bagi setiap orang yang hendak menjalankan puasa, sahur tentunya sangat penting dan tak seharusnya dilewatkan. Agar kebutuhan nutrisi selama kehamilan terpenuhi dengan baik, menu sahur pada ibu hamil trimester pertama harus diatur sebaik mungkin.

Berikut beberapa kiat dalam memilih menu sahur untuk kehamilan trimester 1:

1. Karbohidrat

Makanlah karbohidrat yang cukup saat sahur. Sebaiknya, pilih karbohidrat yang dapat membuat kenyang lebih lama sehingga Anda tidak cepat merasa lapar pada pagi dan siang hari. Untuk itu, konsumsilah roti gandum utuh atau beras merah sebagai karbohidrat. Jika tidak ada, Anda dapat memilih nasi putih biasa.

Hindari mengonsumsi sumber karbohidrat dengan indeks glisemik tinggi, misalnya bubur, karena Anda akan cepat merasa lapar pada pagi hari. Singkirkan pula mi saat sahur karena dapat memperparah kondisi mual muntah yang sering dialami ibu hamil trimester pertama.

2. Lemak dan protein

Asupan sumber lemak dan protein juga penting saat sahur. Pilihlah sumber protein yang kaya akan zat besi seperti daging, hati, ayam, ikan, dan telur. Sumber protein tersebut dapat mencukupi kebutuhan zat besi selama kehamilan trimester pertama.

3. Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral banyak terdapat pada buah dan sayur. Contohnya alpukat. Buah ini mengandung asam folat tinggi yang penting selama kehamilan sehingga baik dikonsumsi saat sahur. Buah dan sayur lain juga dapat dikonsumsi secara bergantian untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat.

Minum susu hamil juga penting dilakukan saat sahur. Susu kehamilan selain mengandung makronutrien, juga menyimpan berbagai vitamin dan mineral penting selama kehamilan seperti asam folat, zat besi, dan kalsium.

4. Air putih

Perbanyak minum air putih saat sahur untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda, sehingga tidak dehidrasi. Dehidrasi selama kehamilan dapat berujung pada komplikasi yang serius, kontraksi Braxton-Hicks, bahkan kematian bila dehidrasi tergolong berat dan tak cepat-cepat ditangani.

Nah, kini Anda telah mengetahui pilihan menu sahur yang sehat selama kehamilan trimester 1. Selamat berpuasa, ya!

[RS/ RH]

Rizki KurniawanRizki Kurniawan

Dok,saya mau tanya,, Istri saya baru hamil skitar blm satu bulan,,bolehkah berpuasa,,,1 atau 2 hari saja..?? Trimakasih

Kiki RizkiKiki Rizki

dok saya mau tanya menstruasi saya ga berhenti2 dr tgl 1juni kmrin berawal nya pake kb suntik 1bulan sekali skrg udah di lepas kb suntik nya mhn jawab trmksh.