Tips Agar Mudik Lebaran Tak Ganggu Kesehatan

Oleh dr. Andika Widyatama pada 07 Jun 2018, 17:00 WIB
Jangan biarkan mudik Lebaran mengganggu kesehatan tubuh Anda. Lakukan ini agar tubuh tetap sehat dan bugar hingga tiba di tempat tujuan.
Tips Agar Mudik Lebaran Tak Ganggu Kesehatan (Augustine Bin Jumat/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Mudik menjadi salah satu hal yang paling dinantikan sebagian orang menjelang Lebaran. Anda salah satunya? Agar momen ini tak mengganggu kesehatan Anda, penting untuk mengetahui tips dan triknya.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat selama mudik lebaran, di antaranya:

1. Cukupi waktu istirahat

Waktu istirahat sangat dibutuhkan tubuh untuk kembali mengisi energi yang hilang setelah beraktivitas seharian. Hal ini juga perlu dilakukan saat Anda melakukan mudik lebaran.

Sebelum memulai perjalanan mudik, Anda sebaiknya beristirahat yang cukup –setidaknya tidurlah selama 7–8 jam. Dengan demikian, Anda akan lebih siap untuk menjalani mudik esok harinya.

Selama perjalanan, pastikan Anda tidak memaksakan diri untuk terus berkendara kala mengantuk atau lelah datang menghampiri. Menepilah dan cari rest area terdekat.

2. Konsumsi makanan sehat

Memenuhi asupan makanan yang sehat dan bergizi seimbang perlu dilakukan selama mudik. Pastikan makanan yang Anda konsumsi mengandung karbohidrat, protein, dan lemak secara seimbang.

Sumber karbohidrat bisa didapat dari nasi, kentang, dan roti. Sedangkan sumber protein bisa Anda dapatkan dari daging, ayam, tahu, dan tempe.

Kemudian, sumber lemak yang baik untuk kesehatan (lemak tak jenuh) bisa didapatkan dari ikan salmon, sarden, alpukat, ataupun kacang-kacangan. Sumber serat –seperti sayur-sayuran dan buah-buahan– juga diperlukan untuk memperlancar fungsi saluran pencernaan.

Tidak lupa, untuk mencegah terjadinya lonjakan kadar kolesterol selama mudik, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung plant stanol ester.

3. Membawa obat-obatan

Jika memiliki riwayat penyakit kronis yang mengharuskan Anda mengonsumsi obat tertentu secara rutin, bawalah obat tersebut saat mudik. Pastikan Anda membawanya dalam jumlah yang cukup.

Di samping itu, tidak ada salahnya bila Anda juga membawa obat-obatan sakit kepala, obat demam, obat flu, obat diare, dan lainnya sesuai kebutuhan. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga, bila Anda mengalami keluhan kesehatan tertentu secara mendadak.

4. Membawa bekal makanan dan minuman

Perjalanan mudik yang panjang dan jarang melewati tempat kuliner bisa membuat Anda makan tidak tepat pada waktunya. Namun, dengan membawa bekal, Anda bisa mengisi perut saat merasa kelaparan di perjalanan.

Pastikan bekal makanan dan minuman yang dibawa memiliki gizi yang seimbang, bersih, dan masih layak konsumsi. Bila Anda suka ngemil, camilan atau makanan ringan berbahan dasar gandum bisa menjadi pilihan untuk dibawa. Untuk minuman, utamakan air putih daripada lainnya.

5. Tetap aktif bergerak

Mudik membuat tubuh Anda cenderung diam di tempat, seperti saat sedang di dalam kendaraan. Anda harus berusaha aktif bergerak. Jika menggunakan mobil, manfaatkan rest area sebagai tempat untuk melakukan aktivitas fisik ringan –seperti jogging di tempat atau hanya sekedar berjalan cepat.

Jika menggunakan kereta atau pesawat, Anda bisa sekedar berjalan bolak-balik dan meregangkan otot maupun sendi di dalam kendaraan. Bila memungkinkan, Anda bisa melakukan gerakan melompat di tempat.

Menjaga kesehatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam mewujudkan mudik Lebaran yang lancar. Selamat mudik, semoga Anda selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul bersama keluarga dalam keadaan sehat.

(NB/ RH)

Heri Wahyudi YudiHeri Wahyudi Yudi

artikkel bermanfaat sipp