Tips Agar Mudik Lebaran Bersama Anak Tetap Nyaman

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 08 Jun 2018, 11:15 WIB
Ingin mengajak si Kecil mudik saat Lebaran? Lakukan tips ini agar tetap nyaman selama perjalanan.
Tips Agar Mudik Lebaran Bersama Anak Tetap Nyaman (Creativa Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Mudik Lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu sebagian orang. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, ini adalah momen yang tepat untuk pulang kampung dan berkumpul bersama sanak saudara. Bagi Anda yang juga melakukan tradisi ini dan akan mudik bersama si Kecil, persiapan yang matang perlu dilakukan.

Ya, mudik bersama anak bukanlah perkara yang mudah. Kondisi selama perjalanan dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan anak. Itulah sebabnya mengapa bila tidak dipersiapkan dengan matang, Anda berisiko menghadapi kerewelannya selama perjalanan.

Ingin momen mudik Lebaran Anda tetap nyaman dan menyenangkan? Lakukan tips berikut ini:

1. Bawa pakaian secukupnya

Anda tak perlu membawa terlalu banyak pakaian saat mudik Lebaran bersama anak. Hal ini akan merepotkan dan menambah beban yang ditanggung selama perjalanan.

Bawalah beberapa helai pakaian yang sesuai dengan kondisi perjalanan dan kampung halaman. Bila cuaca cenderung dingin, Anda bisa membawa pakaian yang tebal. Sebaliknya, bila cuaca panas bawalah pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat.

Sebelum dikemas dalam koper, pastikan pakaian tersebut sudah Anda cuci hingga bersih menggunakan sabun dan softener. Dengan demikian, saat sampai di tempat tujuan, Anda tak perlu repot dengan urusan pakaian yang bau apek.

2. Pastikan pasokan makanan anak memadai

Asupan makanan anak yang terjaga sepanjang perjalanan mampu menjaga daya tahan tubuhnya, sehingga penyakit tak mudah singgah. Oleh karena itu, pastikan Anda membawa pasokan makanan yang memadai untuk dikonsumsi anak selama perjalanan.

Makanan seperti apa yang sebaiknya disiapkan? Anda bisa menyiapkan serealia, biskuit, atau buah yang bertahan lama di perjalanan -seperti jeruk, apel, dan kurma.

3. Membawa obat dan perlengkapan P3K

Untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk, bawalah obat dan perlengkapan P3K. Jika Anda atau si Kecil memiliki riwayat penyakit tertentu, pastikan obat yang bersangkutan selalu berada di saku.

4. Persiapkan mainan edukatif

Perjalanan mudik yang jauh dan penuh dengan kemacetan tentu membuat anak lebih mudah bosan. Sebagai solusi dari hal ini, Anda perlu membawa mainan edukatif seperti buku bergambar atau sejenisnya.

Pastikan Anda menemani si Kecil saat sedang bermain. Hal ini akan membuatnya lebih senang dan lebih semangat untuk menikmati perjalanan. Di samping itu, hubungan Anda dengannya juga bisa lebih erat.

5. Bawa benda kesayangan si Kecil

Agar si Kecil tak rewel selama perjalanan, pastikan Anda membawa benda kesayangannya. Pada umumnya, benda ini mampu menenangkan diri anak, bahkan dapat menjadi teman tidurnya selama di perjalanan atau saat tiba di tempat tujuan.

 Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar mudik Lebaran bersama anak tetap nyaman sepanjang perjalanan. Jika si Kecil memiliki masalah kesehatan tertentu, akan lebih baik jika Anda memeriksakan dirinya ke dokter terlebih dahulu. Selamat mudik!

(NB/ RH)