Panduan Memberikan Buah untuk si Kecil Sesuai Usianya

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 11 Jun 2018, 16:15 WIB
Untuk mendapatkan segudang manfaat sehatnya, si Kecil perlu mengonsumsi buah dengan teknik yang tepat. Ini panduannya.
Panduan Memberikan Buah untuk si Kecil Sesuai Usianya (Oksana Kuzmina/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Buah merupakan salah satu asupan penting untuk si Kecil. Selain mengandung serat, buahjuga mengandung vitamin, antioksidan, dan berbagai mineral penting untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, waktu dan cara pemberian buah harus tepat.

Buah dan MPASI

Buah diberikan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI). Memasuki usia 6 bulan, ASI saja sudah tak mampu mencukupi kebutuhan gizi si Kecil yang terus meningkat. Adapun beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan dalam menyajikan buah untuk si Kecil, yaitu:

  • Usia

Menurut rekomendasi dari American Academy of Pediatrics (AAP), si Kecil yang masih berusia di bawah 1 tahun belum memerlukan asupan buah untuk melengkapi kebutuhan gizi hariannya. Di usia tersebut, si Kecil lebih membutuhkan ASI dan MPASI yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, ketimbang buah yang hanya mengandung karbohidrat dan vitamin.

Namun, hal tersebut bukan berarti Bunda dilarang untuk memberikan buah pada si Kecil. Hanya saja, Bunda perlu membatasi pemberian buah pada si Kecil yang masih berusia di bawah 1 tahun agar tidak terlalu sering.

  • Waktu

Berikan buah pada si Kecil di waktu ngemil, yaitu pada pukul 10 pagi dan 4 sore. Ini bertujuan agar seluruh zat gizi pada buah yang turut menjaga kesehatan dan menunjang proses tumbuh kembang dapat terserap sempurna oleh tubuh si Kecil.

  • Tekstur

Jika usia si Kecil masih 1 tahun ke bawah, Bunda sebaiknya menyajikan buah dalam bentuk puree halus. Ini bertujuan agar si Keci lebih mudah melahap sajian yang Bunda berikan.

Nah, jika si Kecil sudah berusia 1 tahun ke atas, Bunda dapat memberikannya dalam bentuk puree kasar atau buah utuh yang dipotong kecil-kecil. Selain tinggi serat, tekstur puree yang masih sedikit kasar juga turut melatih kemampuan si Kecil untuk mengunyah. Setelah kemampuan mengunyah si Kecil lebih baik, Bunda dapat memberikan buah dalam bentuk potong.

  • Porsi dan jenis

American Academy of Pediatrics merekomendasikan pemberian buah maksimal 90 gram per hari untuk si Kecil yang berusia 1–3 tahun, dan 90–130 gram pada si Kecil yang berusia 4–6 tahun..

Jenis buah yang baik diberikan untuk si Kecil, misalnya apel, persik, pisang, stroberi, labu, dan wortel.  

  • Penyimpanan

Hindari menyimpan puree atau buah potong terlalu lama. Sebab, semakin lama didiamkan, kandungan gizi di dalamnya juga semakin berkurang. Di samping itu, penyimpanan yang terlalu lama juga turut meningkatkan risiko kontaminasi kuman atau bakteri berbahaya.

Sebagai alternatif pemberian buah pada si Kecil, Bunda dapat memberikan puree kemasan yang dijual bebas di pasaran. Tetap ingat aturan di atas, agar manfaat sehat buah dapat dirasakan sepenuhnya oleh si Kecil.

(NB/ RH)